twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 26 Februari 2021

Aksi Seru Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Nadya di Graha Tristar

Rendang Daging Sapi, Gulai Nangka dan Sambal Hijau, Hidangan Kuliner Nomor Wahid dari Ranah Minangkabau

 

HIDANGAN kuliner nomor wahid dari Ranah Minangkabau Sumatra Barat, yakni Rendang Daging Sapi, Gulai Nangka dan Sambal Hijau, yang namanya sudah mendunia itu diajarkan oleh Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, kepada mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, Jumat (19/02/2021) pagi, pekan lalu.

 

Praktik masak tiga menu Indonesian Cuisines pada pertemuan hari ketujuh itu dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Sebanyak 10 orang mahasiswa Culinary Art Class, yang sehari-hari diasuh oleh Chef Nadya, meramaikan gelaran praktik masak tersebut.

 

”Tiga menu masakan tradisional khas Ranah Minang yakni Rendang Daging Sapi, Gulai Nangka dan Sambal Hijau yang namanya sudah mendunia itu juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit. Bahkan resepnya pun dimasukkan dalam Buku Ajar (Silabus) yang dibagikan kepada mahasiswa,” terang Chef Nadya Ratri Aryani kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Sebagai salah satu warisan budaya kuliner Nusantara yang cukup terkenal, tiga menu masakan tradisional khas Ranah Minang tersebut juga diapresiasi oleh mahasiswa Culinary Art Class untuk mempraktikkannya sendiri di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Di mata mahasiswa, tiga menu makanan khas Ranah Minangkabau yang sudah mendunia itu sudah akrab di lidah mereka terutama para penyuka masakan Padang. Warung masakan Padang itu sendiri mudah dicari karena banyak tersebar di sudut-sudut kota Surabaya dan sekitarnya.


Tim 1 yang terdiri dari enam orang mahasiswa antusias menyiapkan bahan untuk masak Rendang Daging Sapi, yang bahannya terdiri dari lean beef, turmeric leaf, kaffir leaf, lemon grass, asam kandis (gelugar), cocomilk, grated coconut (disangrai lebih dulu hingga warnanya kecoklatan baru diulek sampai halus) hingga menjadi paste bersama shallot, galangat, ginger, red chilli, garlic, coriander, cumin, candlenut dan salt.

 

Bumbu jangkep yang sudah dihalus tersebut lalu di-saute bersama daging sapi yang sudah diiris payasam, lalu ditambahkan coco milk. Proses masak Rendang Daging Sapi itu sendiri memang cukup memakan waktu agar bumbu rempah-rempahnya betul-betul meresap ke dalam daging, tekstur daging menjadi empuk dan masakan tersebut baru diangkat jika kuah bumbunya sudah reduce tinggal 5-10 persen saja.

 

Pada waktu yang sama, Tim 2 yang didukung empat mahasiswa Culinary Art Class juga tampil all out saat menyiapkan bahan-bahan berikut bumbunya untuk masak Gulai Nangka berikut membuat condiment-nya yakni Sambal Hijau yang rasanya pedas-pedas enak.

 

Untuk masak Gulai Nangka yang gurih, bahannya meliputi young jackfruit (dipotong bentuk cube lalu masukkan kedalam rebusan air yang sudah mendidih), tambahkan sedikit minyak untuk mengurangi efek getahnya, stock (kaldu daging sapi yang sudah disiapkan sebelumnya oleh Tim 1), lemon grass, kaffir leaf, turmeric leaf, galangal (cukup digeprek), asam kandis dan coco milk. Sedangkan shallot, garlic, red chilli, ginger, turmeric (dihaluskan sampai membentuk paste) baru tambahkan salt ke dalam olahan Gulai Nangka itu untuk taste-nya.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Nadya juga menugaskan anak didiknya untuk menyiapkan condiment berupa Sambal Hijau, yang bahannya terdiri dari green chilli (di-saute sampai layu), kemudian dicampur jadi satu dengan green tomato, green hot chilli untuk di-saute sekali lagi baru ditambahkan salt secukupnya.

 

Setelah semua masakan sudah siap, kini saatnya untuk mem-plating Rendang Daging Sapi, Gulai Nangka berikut Sambal Hijau-nya adar tampilan masakan itu tampak cantik dan menarik Ketika disajikan di atas meja display.

 

Hasil masakan mahasiswa Culinary Art baik Tim 1 maupun Tim 2, kemudian dikritisi dan dinilai oleh Chef Nadya Ratri Aryani dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan. Good jobs bro & sis …!

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar