twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 23 Februari 2021

Aksi Seru Gelaran Cooking Demo Indonesian Cuisines with Chef Nadya Ratri Aryani


Lezatnya Nasi Bukhari, Kambing Panggang dan Acar yang Segar, Hasil Perpaduan Kuliner Khas Timur Tengah-Indonesia

 


UNTUK menyukseskan gelaran Cooking Demo with Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, yang dihelat pada Senin (15/02/2021) lalu, maka mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, juga dilibatkan saat masak Nasi Bukhari dan Kambing Panggang lengkap dengan Acar-nya.

 

Cooking Demo with Chef Nadya Ratri Aryani yang dihadiri 11 mahasiswa Culinary Art Class itu, mengambil tempat di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

”Dalam gelaran cooking demo kali ini, kami sepakat mengangkat menu Nasi Bukhari dan Kambing Panggang berikut Acar-nya. Masakan ini merupakan hasil akulturasi budaya kuliner khas Timur Tengah yang dibawa ke Indonesia oleh warga keturunan Arab di daerah Sumatra kemudian menyebar ke Jawa dan daerah-daerah lain di Indonesia,” terang Chef Nadya.


 

Menu Nasi Bukhari dan Kambing Panggang yang disajikan lengkap dengan Acar-nya bisa Anda dapatkan di sentra-sentra kuliner di Surabaya Utara, khususnya di Kawasan Masjid Ampel Surabaya. Kawasan itu terkenal sebagai destinasi wisata religi yang dikelola Dinas Pariwisata Kota Surabaya.

 

Sementara itu, demi memudahkan pekerjaan di kitchen, 11 mahasiswa Culinary Art Class diminta berbagi tugas. Tim 1 meng-handle Nasi Bukhari dan membuat Acar-nya, sedangkan Tim 2 fokus menyiapkan bahan untuk Kambing Panggang.

 

Tim 1 yang terdiri dari lima orang mahasiswa antisias menyiapkan bahan untuk masak Nasi Bukhari, yang bahannya terdiri dari rice, coconut milk, bumbu rempah-rempah, kunyit, kacang kara dan kismis.


Nasi ditanak sampai setengah matang kemudian ditambahkan bumbu rempah-rempah termasuk kunyit (untuk memberi efek warna kuning) lalu diaduk sampai merata. Kacang kara dan kismis juga dimasukkan dan diaduk sampai merata. Lalu nasi ditanak kembali sampai matang yang ditandai dengan aromanya yang khas seperti Nasi Kebuli. Nasi Bukhari ini kaya dengan bumbu rempah-rempahnya.

 

Pada waktu yang sama, Tim 2 yang didukung lima mahasiswa Culinary Art juga tampil all out saat menyiapkan bahan-bahan berikut bumbunya untuk masak Kambing Panggang berikut membuat sauce-nya yang superenak.

 

Setelah paha kambing dicuci bersih lalu dilumuri bumbu hingga merata keseluruh bagian dagingnya lalu didiamkan beberapa saat sebelum di-bake dua kali. Pengovenan tahap 1 dilakukan pada suhu 200*C selama 45 menitan.

 

Selanjutnya paha kambing yang sudah dibungkus aluminium foil itu di-bake kembali pada suhu 180*C selama 10 menitan sampai dipastikan dagingnya sudah matang, yang ditandai dengan teksturnya menjadi lunak dan bumbunya sudah meresap sampai tulang.

 

Sedangkan pekerjaan terakhir adalah membuat Acar sebagai condiment-nya. Bahan untuk membuat Acar tersebut adalah buah nanas, mentimun, wortel, bawang merah, hot chilli, cuka dan air secukupnya.


Cara menghidangkan Nasi Bukhari, Kambing Panggang berikut Acar-nya kali ini tidak seperti biasanya yakni ditata di atas piring, melainkan di-set up ala makan keroyokan. Kambing Panggang diletakkan di atas talenan kayu jati lalu diguyur dengan sauce, sedangkan Nasi Bukhari, Sauce dan Acar-nya sendiri ditaruh pada wadah terpisah.

 

”Suasana makan siang pun jadi seru banget. Prinsip penyajiannya kali ini dari yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Hmmm sedapnya…,” pungkas Chef Nadya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar