twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 14 Februari 2021

Baking Demo with Chef Renny Savitri di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar


Chef Renny Tampilkan Kreasi Red Velvet Naked Cake yang Cantik Bernuansa Valentine Day’s 2021


MENYAMBUT perayaan Valentine Day’s 2021 yang jatuh pada Minggu (14/02/2021), Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Renny Savitri M.Par., menampilkan kreasi Red Velvet Naked Cake yang cantik, pada gelaran bertajuk Baking Demo with Chef di Laboratorium Praktik Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Kamis (11/02/2021) pagi.

 

Gelaran Baking Demo with Chef membuat kreasi cake kekinian dengan garnish-nya dari aneka buah-buahan segar berwarna pink itu menggambarkan suasana Valentive Day’s. Baking demo pagi itu dihadiri sekitar 10-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri.

 

Menurut Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Red Velvet Naked Cake ini merupakan cake kekinian yang bisa menjadi alternatif untuk cake istimewa di hari spesial Valentine Day’s yang diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Februari.

 

Untuk membuat Red Velvet Naked Cake, bahan yang diperlukan adalah egg, egg yolk, sugar, cake emulsifier (SP), cake flour (tepung terigu Bogasari merek Kunci), cornstarch, milk powder, melted margarine (dari Filma Margarine) dan vanilla paste.

 

Langkah pertama membuat adonan Vanilla Sponge. Jika adona itu sudah siap, selanjutnya dimasukkan ke dalam loyang berdiameter 18-20 cm. Lalu di-bake di mesin oven pada suhu 180*C selama 30-35 menitan.

 

Pekerjaan berikutnya membuat filling-nya yang berupa mousse mixture. Bahan yang dibutuhkan hanya egg yolk yang diaduk rata sampai berbusa. Sedangkan garnish-nya sendiri pihaknya memanfaatkan cocoa powder, grapes (buah anggur), strawberry dan mint leaves.

 

”Khusus untuk chocolate dark compound untuk dibuat ornament dipanaskan lebih dulu baru dicetak seperti bentuk kipas. Pemanfaatan ornament tersebut agar tampilan cake-nya semakin cantik, menarik dan berkelas,” terang Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin.

 

Selama gelaran baking demo tersebut, pihaknya juga melibatkan sejumlah mahasiswa Pastry Art Class sejak proses membuat adonan, nge-bake hingga membuat ornament dengan memanfaatkan chocolate dark compound.

 

Tidak hanya itu, beberapa mahasiswa lainnya pun kebagian tugas membersihkan dan men-slice buah strawberry dan grape untuk garnish-nya. ”Setelah semuanya siap, saya tinggal memberikan sentuhan akhir agar tampilan Red Velvet Naked Cake semakin cantik, menarik dan berkelas,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan itu Chef Renny Savitri juga berterima kasih atas dukungan Elmer Chocolate Premium, tepung terigu Bogasari, Filma margarine dan pewarna makanan Rajawali sehingga gelaran baking demo tersebut berjalan lancar sesuai ekspektasi. Good jobs, Chef…!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar