twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 Februari 2021

Keseruan Mahasiswa Belajar Teknik Menghias Cake Spesial di Graha Tristar

Chef Upi Palupi Ajarkan Teknik Buat Anniversary Cake, Idul Fitri Cake, Money Surprised Cake dan Birthday Cake

 

MAHASISWA Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Siang, diajarkan teknik menghias Cakes Spesial dengan tampilan modern kekinian bersama Chef Upi Palupi S.Pd., M.MPar., Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit di Laborartorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (24/02/2021) siang.

 

Pada pertemuan hari terakhir siang itu dihadiri tujuh orang mahasiswa Pastry Art Class. Pertemuan hari ketiga ini merupakan rangkaian dari materi praktik teknik menghias Cakes Spesial selama tiga kali tatap muka. Pada tatap muka dua hari sebelumnya, mahasiswa fokus belajar tentang Basic Bordering Plain Tube dan Bordering with Star.


Sebelum praktik di kitchen pada hari ketiga, Rabu (24/02/2021) siang, Dosen Pengajar Pastry Class, Chef Upi Palupi menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik menghias Cakes Spesial di hadapan anak didiknya. Chef Upi juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue dan teknik menghias classic cakes maupun modern cakes yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Untuk membuat Anniversary Cake di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat adonan vanilla sponge dengan menggunakan sponge method lebih dulu.

 

Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine dan vanilla paste. Adonan vanilla sponge itu kemudian ditaruh pada loyang bulat berdiameter 18 cm lalu di-bake pada suhu 180 *C selama 30-35 menit.


Selain itu, mahasiswa juga diberi tugas untuk menyiapkan Filling & Cover-nya berupa Simple Buttercream II yang bahannya terdiri dari white margarine, butter, icing sugar, condensed milk, food coloring dan pinch of silver pil.

 

Sementara itu untuk membuat kreasi kue yang kedua, yakni Birthday Cake, Chef Upi Kembali mengajak anak didiknya menyiapkan bahan yang terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine dan vanilla paste.

 

Untuk membuat Birthday Cake ini, metode yang digunakan adalah perpaduan antara Sponge Method dan Genoise Method. Adonan vanilla sponge sebelum di-bake pada suhu 180*C dimasukkan lebih dulu ke dalam loyang bulat berdiameter 18 cm.

 

Pekerjaan berikutnya, mahasiswa diminta menyiapkan Filling-nya dari blueberry jam dan membuat Simple Buttercream dengan memanfaatkan bahan seperti white margarine, butter, icing sugar dan condensed milk, sedangkan untuk Cover-nya sendiri menggunakan icing sugar.


”Selain saya ajarkan teknik membuat Anniversary Cake dan Birthday Cake, mahasiswa juga dibekali teknik membuat Money Surprised Birthday dan Religi Cake,” kata Chef Upi kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar