twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 17 Februari 2021

Baking Demo with Chef Dwi Mei Retnowati di Laboratorium Praktik Graha Tristar


Libatkan Anak Didiknya, Chef Mei Tampil Semangat Buat Island Cake, Cake Hybrid yang Memadukan Kreasi Pudding Art dan Brownies Cake 

 

AKSI heboh penuh kegembiraan ditunjukkan mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi, yang menghadiri gelaran Baking Demo with Chef Dwi Mei Retnowati buat Island Cake, di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (11/02/2021) pagi.


Dalam baking demo tersebut, Chef Mei menampilkan cake kekinian yang superkeren dari hasil perpaduan antara kreasi Pudding Art dan Brownies Cake (Cake Classic) dengan citarasa modern.


”Istilah kerennya kue ini termasuk kategori cake hybrid karena ada dua unsur yang dipadupadankan dalam satu penampilan yang cantik, menarik dan berkelas,” kata Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak,info di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.


Gelaran baking demo pagi itu dihadiri 12 mahasiswa Pastry Art Class. Mereka antusias mengikuti demo membuat satu kreasi cake kekinian tersebut, yang notabene itu merupakan hasil kesepakatan antara Dosen Pengajar Pastry Art dengan anak didiknya.


Setelah gelaran baking demo tersebut, Island Cake yang ditampilkan di meja display produk pastry itu merefleksikan suasana pantai, air laut yang biru, pasir putih dan batu karang lengkap dengan habitat laut seperti ikan, bintang laut, cumi-cumi, kepiting hingga pelampung dan pohon kelapa.


Sementara itu untuk membuat Island Cake yang berkelas, maka Anda harus melakukan setidaknya tiga tahapan pekerjaan.Tahap pertama menyiapkan resep untuk membuat Brownies Cake dengan diameter 14 cm dan 16 cm.


Sedangkan bahan untuk membuat adonan Brownies Cake meliputi egg, sugar, cake emulsifier, medium flour, margarine, butter, dark chocolate conpound dan chocolate paste. Adonan Brownies Cake ini lalu di-bake pada suhu 170*C selama 35-40 menitan.


Langkah selanjutnya membuat Skin. Demi mengerjakan pekerjaan tahap kedua ini, maka bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain dark chocolate compound, white chocolate compound, agar-agar plain, jelly powder sirsak (plain), sugar, blue color (untuk warna air lautnya) dan condensed milk.


Sedangkan pekerjaan terakhir adalah menyiapkan filling dan garnish-nya, Demi mempercantik tampilan dari Island Cake, maka filling-nya berupa white chocolate compound dan fresh milk. Sementara itu untuk garnish-nya sendiri yang perlu disiapkan adalah biscuit, plastic icing dan green color.


Pemanfaatan plastic icing dan pewarna makanan itu dimanfaatkan untuk membuat ornament berupa bintang laut, cumi-cumi, kepiting, pelampung agar tampilan Island Cake tersebut semakin menarik


Masih menurut Chef Mei, antusiasme anak didiknya saat baking demo membuat Island Cake, layak diapresiasi karena sebagian besar mahasiswa yang hadir pagi itu berpartisipasi aktif sejak persiapan bahan, membuat adonan Brownies Cake hingga mem-bake-nya di mesin oven. Saat membuat Skin pun, Chef Mei juga melibatkan anak didiknya


Di sela-sela menunggu proses nge-bake adonan Brownies Cake tersebut selesai, anak didik Chef Dwi Mei Retnowati juga antusias belajar membuat ornament berupa bintang laut, cumi-cumi, kepiting dan pelampung yang bahannya dari icing sugar dan pewarna makanan.


”Bagaimanapun juga antusiasme mahasiswa Pastry Art Class mengikuti baking demo itu feedback-nya tentu kembali kepada mereka sendiri. Artinya semakin mereka getol belajar, maka semakin trampil dalam mengkreasikan teknik membuat cake kekinian,” ujar Chef Mei, sapaan akrabnya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar