twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 23 Februari 2021

Dari Midterm Individual Exam Bertajuk Cakes Decoration di Food University Surabaya

Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Tampilkan 16 Macam Kreasi Cakes yang Cantik, Menarik dan Berkelas


SEBANYAK 16 kreasi cakes yang cantik, menarik dan berkelas ditampilkan 16 mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria), pada gelaran Midterm Individual Exam bertajuk Cakes Decoration 2021 di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Selasa (16/02/2021) siang.

Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar, Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar mengatakan, Midterm Individual Exam ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan mahasiswa Pastry Art Class –sebanyak 33 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas-- setelah mereka diajarkan Cakes Basic berikut teknik menghiasnya selama 1,5 bulan di Kitchen Modern Food University Surabaya.

Gelaran Midterm Individual Exam hari pertama diikuti 16 dari 17 mahasiswa Pastry Art Class A, sedangkan ujian praktik secara individual hari kedua diikuti 16 mahasiswa Pastry Art Class B yang pelaksanaannya pada hari Rabu (17/02/2021).

Selain ujian praktik di kitchen, setiap mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar juga wajib mengikuti ujian teori yang digelar di ruang kelas. Jadwalnya hari Senin (16/02/2021) dan Selasa (17/02/2021) siang, seusai pelaksanaan ujian praktik secara individual.

Pada gelaran Midterm Individual Exam hari pertama misalnya, 16 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Class A, berjibaku untuk menampilkan kreasi Cakes Decoration terbaiknya di hadapan tim juri yang terdiri dari Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar dan Chef Vivi Liong S.Pd., M.MPar.

Suasana penilaian oleh tim juri terhadap hasil kreasi mahasiswa semakin heboh karena hadirnya Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar bersama dua tamunya dari Unitomo Surabaya. Kehadiran tamu istimewa itu turut mengapresiasi dan men-support langsung atas kerja cerdas 16 mahasiswa Pastry Art Class yang siang hari itu berjibaku selama tiga jam lebih dalam Midterm Individual Exam.

Selama ujian praktik individual itu, Nocky Ananda dan Bella Dewinta R.B. kompak untuk mengangkat tema Alphabet Cakes, sedangkan Erika Vinna Aisyah, Christine Alexandra Teddy, Amelia Juana, Sausan Thusa’ilah tampil all out ketika membuat kreasi Birthday Cakes.

Selanjutnya ada lima mahasiswa lain yang mengusung kreasi cake-nya bernuansa keindahan bunga di taman. Wulan Cahya R.P.K., tampil antusias membuat Basket Flower Cake, Wa Ode Nur Azizah menampilkan Vintage Flowers Cake, Sinta Febriyanti Gultom mempersembahkan Floral Velvet Cake, sedangkan Marcella Aurellia percaya diri membuat Floral Cake dan Regitha Pandu Cahyani T.S., all out membuat kreasi Fraisier Flower Cake.

Sementara itu masih ada lima mahasiswa lagi mengangkat tema yang cukup beragam, mulai Valentine Day’s Cake (Rista Amalia), Peanut Butter Cake (Claudia Meliana Suhardi), Vanilla Cake with Mocha Butter Cream (Melati Nisa Armuna), Browny Cake Tart (Elizabeth Santoso) hingga Tarte Au Moka (Jennyfer Kuncoro).

Berdasarkan hasil penilaian tim juri, maka diputuskan empat nama mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Class A yang mendapat nilai tertinggi adalah Regita Pandu Cahyani (89,6), Jennyfer Kuncoro (84,6), Sinta Febrianti Gultom (84,3) dan Marcella Aurellia (84,3).

Kriteria penilaian tim juri tersebut mengacu pada standar industri perhotelan, yakni dari aspek tampilan dan kreativitas, komposisi warna, tekstur dan citarasa. Selain itu tim juri juga meminta masing-masing peserta ujian untuk mempresentasi cara membuat dan menghias cake-nya secara singkat, jelas dan padat. Good jobs Bro & Sis…!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar