twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 25 Februari 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Belajar Teknik Menghias Kue Modern di Kitchen Food University

Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Praktik Buat Blueberry Mouse Cake dan Green Tea Cake yang Glossy


MAHASISWA Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Class A pada tatap muka hari pertama, Kamis (18/02/2020) pagi, praktik teknik menghias dua kreasi Modern Cakes, yakni Blueberry Mousse Cake dan Green Tea Cake dengan tampilan kekinian. Praktik digelar di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya bersama Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar., Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group.

 

Menurut Chef Ita, materi praktik teknik menghias Modern Cakes itu dijadwalkan berlangsung selama lima kali pertemuan dengan membuat 10 kreasi Modern Cakes dengan tampilan kekinian yang elegan dan berkelas. Setiap kali tatap muka, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar diajarkan membuat dua resep Modern Cakes.

 

”Selain diajarkan membuat Blueberry Mousse Cake dan Green Tea Cake, saya juga akan mengenalkan delapan resep lagi yakni  Ultimate Banana Cake, Mocha Cake, Choco-Nut Bombee Cake, Twisted Dome Ganache Cake, Tokyo Banana Cake, Japanese Roll Cake, Nova Noisset dan Triple Tiger Roll ,” terang Chef Ita.

 

Diakui Chef Ita, untuk menghias Modern Cakes tahapan pekerjaan memang lebih rumit lagi dibanding saat membuat cakes classic karena masih ada penambahan hiasan kue modern kekinian berupa mirror glazing. Butuh keuletan dan kesabaran ekstra demi menuntaskan satu kreasi Modern Cakes yang elegan dan berkelas.

 

Tidak hanya belajar mengaplikasikan adonan mirror glaze yang dapat memberikan efek mengkilap pada permukaan cake, mahasiswa juga diajarkan teknik memodifikasi coklat menjadi ornament yang cantik dengan memanfaatkan dark chocolate compound (DCC) dan white chocolate compound (WCC).

 

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar ini menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias Modern Cakes di hadapan anak didiknya. Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diingatkan kembali tentang Dasar-dasar Teknik Pengolahan Kue dan Cara Menghias Kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Untuk membuat Blueberry Mousse Cake di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Surabaya, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Vanilla Sponge dengan menggunakan Sponge Method, yakni egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, milk powder, melted margarine dan vanilla paste.

 

Pekerjaan tahap kedua adalah menyiapkan bahan untuk membuat Mousse, yakni white chocolate compound, fresh milk, fresh cream (yang sudah di-whip lebih dulu), gelatine, cold water dan blueberry jam.


Pekerjaan selanjutnya adalah membuat Topping 1 dari whipped cream, sedangkan Topping 2 bahannya berupa white chocolate compound, fresh milk, glazing jelly, gelatin, cold water dan purple color. Pekerjaan terakhir, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat garnish-nya, yakni white chocolate compound dan dark chocolate compound.

 

”Selain diajarkan membuat Blueberry Mousse Cake, mahasiswa juga saya bekali teknik membuat Green Tea Cake,” kata Chef Ita Suhervin di dampingi asistennya Rana Ulfa Rahmadani, di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar