twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 09 Februari 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Pastry Art Class Belajar Teknik Menghias Classic Cakes


Tampilkan Cheese Cake Bake, Classic Fraisier Cake, Strawberry Layer Gateau dan Tropical Fruit Cake yang Cantik

 

UNTUK kali ketiga, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati berbagi ilmu dengan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi, praktik menghias empat kreasi Classic Cakes yakni Cheese Cake Bake, Classic Fraisier Cake, Strawberry Layer Gateau dan Tropical Fruit Cake yang cantik. Pertemuan tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Sabtu (06/02/2021) pagi.

 

Dengan demikian dalam tiga kali tatap muka, mahasiswa Pastry Art Class sudah diajarkan cara membuat 12 kreasi Classic Cakes sekaligus teknik menghiasnya. Pada pertemuan hari pertama, Sabtu (30/01/2021) pekan lalu, mahasiswa praktik menghias empat kreasi Classic Cakes, yakni Black Forest, Opera Cakes, Tiramisu Cakes dan Red Velvet Cakes.

 

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Jumat (05/02/2021) pagi, Chef Mei membekali anak didiknya cara membuat empat kreasi Classic Cakes yang berbeda dari sebelumnya, yakni Spiku, Yulong, Onbijiekoek dan Lamington Cake.

 

Di hadapan anak didiknya, Dosen Pengajar Pastry Art Class ini kembali menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias Classic Cakes yang sedikit lebih ribet daripada saat belajar Cakes Basic. Untuk itu, mahasiswa juga diingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Demi membuat Tropical Fruit Cake di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Vanilla Sponge dalam wadah berdiameter 18 cm dan di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menitan.

 

Bahan untuk membuat Vanille Sponge sendiri terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine dan vanilla paste. Sementara itu untuk membuat Pastry Cream Instant bahannya meliputi RAP instant, cold water dan vanilla paste. Sedangkan bahan untuk membuat Filling-nya sendiri hanya menggunakan bahan berupa strawberry jam.

 

Terakhir, demi mempercantik tampilan cake tersebut, maka sebagai garnish-nya, Anda bisa memanfaatkan buah kiwi, strawberry, jeruk Sunkist, cashewnut (kacang mete) dan apricot jam. Selain itu, mahasiswa juga diaajrkan membuat ornament dari icing sugar atau foundant dengan memanfaatkan cetakan mini motif daun, love, bunga melati, bulan sabit, bintang dan sebagainya.

 

Saat praktik menghias Classic Cakes pada tatap muka hari terakhir itu, ada dua kelompok mahasiswa yang ditugasi membuat dua kreasi Tropical Fruit Cake. Dua kelompok mahasiswa yang lain kebagian tugas membuat dua kreasi Cheese Cake Bake.

 

”Sedangkan dua kelompok lagi juga mendapat job membuat dua kreasi Strawberry Layer Gateau dan satu kelompok terakhir membuat satu kreasi Classic Fraisier Gateau,” tandas Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar