twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 Februari 2021

Asyiknya Praktik Masak Continental Cuisines Bersama Chef Mario Alvin Yonathan

Portuguese Tomato & Rice Spicy, Greek Lemon Lamb, Lyonnaise Potato dan Shrimp ala Catalan yang Yummy

 

SETELAH tuntas belajar masak Asian Cuisines, sekarang giliran tujuh mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang yang diasuh Chef Mario Alvin Yonathan, praktik masak empat menu Continental Cuisines, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (24/02/2021) siang.

 

Praktik masak Continental Cuisines tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa Culinary Art Class seputar teknik memasak aneka makanan khas Eropa yang citarasa dan teksturnya benar-benar western banget.

 

Pelajaran pengolahan makanan Eropa ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya adalah grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan yang berasal dari Benua Biru (Eropa).

 

Saat praktik masak Continental Cuisines pada hari pertama, Rabu (24/02/2021) siang, mahasiswa diajarkan teknik masak Portuguese Tomato & Rice Spicy, Greek Lemon Lamb, Lyonnaise Potato dan Shrimp ala Catalan yang lezat.

 

Tujuh mahasiswa Culinary Art Class yang hadir siang itu dibagi menjadi dua tim. Setiap tim kebagian jobs masak empat menu masakan Continental Cuisines. Durasi masak empat menu Continental Cuisines (Western Food) tersebut sekitar 1,5-2 jam.

 

Untuk masak Portuguese Tomato & Rice Spicy, maka maka bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah tomatoes, butter, onion, carrot, celery stalk, garlic, basil, rice yang sudah dicuci bersih, chicken stock (kaldu ayam), sugar, salt & pepper, thyme dan tarragon.

 

Dua hari sebelumnya, Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Yonathan, sudah prepare demi membuat Sauerkraut yang bahannya terdiri dari cabbage, rocksalt, wine vinegar dan white wine. Semua bahan tersebut di-rest selama dua hari.


Tantangan selanjutnya, mahasiswa diminta membuat Greek Lemon Lamb. Olahan daging kambing tersebut bahan-bahannya terdiri dari lamb meat, white wine, water, cream, lemon, thyme, rosemary, oregano, garlic, salt & pepper dan flour.

 

Sedangkan menu ketiga yakni Lyonnaise Potato. Olahan kentang tanpa dikupas kulitnya ini menjadi catatan mahasiswa yang praktik siang hari tersebut karena cita rasa bumbunya yang betul-betul western banget. Bahan untuk membuat Lyonnaise Potato sendiri meliputi potato (hanya dibersihkan tanpa dikupas kulitnya), onion, butter, parsley, parmesan, cream, fresh milk, salt & pepper.

 

Sementara itu menu yang terakhir adalah Shrimp ala Catalan. Menu olahan udang itu membutuhkan sejumlah bahan pendukung untuk dimasak yakni salad oil, shallot, garlic, tomato, white wine, basil + seasoning-nya, red bellpepper dan prawn yang sudah dibersihkan kulit dan kotorannya.

 

Jika keempat menu Continental Cuisines itu sudah jadi, maka kedua tim diminta untuk mem-plating-nya sebaik mungkin karena hasil masakan mahasiswa berikut plating-annya dinilai Chef Jo dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya sesuai standar di industri perhotelan. Good jobs bro & sis …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar