twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 Februari 2021

Aksi Heboh Cooking Battle Masak Asian Cuisines di Graha Tristar Surabaya

Mahasiswa Culinary Art Tampilkan Kaeng Khiao Wan dan Som Tam, Dua Menu Masakan Tradisional Thailand

 

PRAKTIK masak Asian Cuisines bersama Chef Mario Alvin Yonathan kembali bergulir. Kali ini mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang giliran diajarkan Teknik masak dua menu masakan tradisional khas Negeri Gajah Putih (Thailand), Kaeng Khiao Wan (Chicken Thai Curry) dan Som Tam (Salad Thai Young Papaya).

 

Praktik masak model last minutes –menu baru diinfokan kepada mahasiswa beberapa menit jelang praktik-- itu digelar di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Trstar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (22/02/2021) siang. Praktik masak tersebut melibatkan dua tim dari lima mahasiswa Culinary Art Class, yang hadir siang itu.

 

Lima mahasiswa Culinary Art Class tersebut dibagi dua tim, masing-masing beranggotakan dua dan tiga orang. Selanjutnya mereka di-battle untuk masak Kaeng Khiao Wan (Chicken Thai Curry) dan Som Tam (Salad Thai Young Papaya).

 

”Selain diadu kemampuan masaknya (dari aspek tesktur dan rasanya), juga saya nilai tampilan dan kreativitasnya saat mem-plating hasil masakan itu setelah masakan tersebut disajikan di atas meja display,” ujar Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Yonathan di hadapan anak didiknya.

 

Tak pelak lagi jika tantangan itu langsung direspons oleh kedua tim mahasiswa untuk tampil all out saat praktik masak dua resep masakan Thailand Food (termasuk dalam Asian Cuisines), yakni Kaeng Khiao Wan (Chicken Thai Curry) dan Som Tam (Salad Thai Young Papaya) yang sedap rasanya.

 

Demi hasil yang terbaik, Dosen Pengajar Culinary Tristar Group itu pun proaktif mendampingi langsung aksi heboh anak didiknya, saat mereka praktik membuat dua menu masakan tradisional dari Thailand tersebut di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Jo lalu menugaskan anak didiknya menyiapkan bahan masakan termasuk bumbunya untuk masak dua menu masakan tradisional dari Thailand itu sesuai arahan dosen pengajar karena resepnya tidak tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus).

 

Demi membuat Kaeng Khiao Wan (Chicken Thai Curry) yang sedap, ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dijalankan. Pekerjaan tahap pertama membuat Green Curry Paste-nya yang bahan meliputi green hot chilli, shallot, garlic, galangal, lemon grass, kaffir leaf, white pepper corn, coriander seeds, cumin seed, salt, shrimp paste dan water.

 

Green hot chilli, shallot, garlic dan galangal di-blender lebih dulu baru di-saute bersama bahan-bahan yang lain seperti lemon grass yang sudah di-thinly slice, kaffir leaf dan white pepper corn, coriander seeds dan cumin seed yang telah di-sear, dikasih salt, shrimp paste dan water secukupnya sampai mengeluarkan aroma harum.

 

Sedangkan pekerjaan tahap selanjutnya menyiapkan sejumlah bahan lainnya yang terdiri atas green curry paste, chicken breast yang sudah dipotong bentuk cube, coconut cream, coconut milk + seasoning, thai basil leaf, palm sugar, fish sauce, bamboo shoot diiris model julience lalu di-boil, kaffir leaf, vegetable oil, water dan irisan tipis red chilli, untuk masak Thai Green Curry yang sedap.

 

Menu berikutnya adalah Som Tam (Salad Thai Young Papaya). Bahan yang dibutuhkan untuk masak Som Tam meliputi green papaya (kupas kulitnya baru di-grated atau diiris julience kemudian ditaburi salt dan dibilas dengan air bersih demi mengurangi efek getah dari pepaya muda.

 

Bahan bumbu yang lainnya adalah garlic di-minced, green bean di-cut sekitar 2 cm kemudian di-blanching sebentar, fresh chilli, palm sugar, peanut (yang sudah di-fry), dry shrimp (juga di-fry) lalu di-chop sebelum semua bahan tersebut di-blender jadi satu dan diberi seasoning.


Selain itu masih ada tambahan berupa bahan-bahan pendukungnya seperti tomato fruit dibelah jadi dua (di-cut to half), lime juice dan fish sauce (yang sudah di-mix), dan cabbage (di-slice atau di-shredded). Semua bahan yang sudah siap tersebut lalu ditaruh di dalam refrigerator (lemari pendingin), sebelum Som Tam (Salad Thai Young Papaya) itu dihidangkan di meja display.

 

Setelah semua pekerjaan di kitchen tuntas, barulah masakan itu di-plating lebih dulu agar tampil cantik dan menarik saat disajikan di atas meja. Hasil plating-an mahasiswa tersebut kemudian di-display di atas meja uji untuk dikritisi dari tiga aspek, yakni tampilan, tekstur dan citarasanya. ”Penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” tandasnya.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar