twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 Februari 2021

Aksi Fantastik Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Ari

Ayam Kremes, Kremesan dan Sambal Terasi, Menu Istimewa Khas Jogja yang Renyah di Luar dan Empuk di Dalam

 

PADA pertemuan hari terakhir praktik masak Indonesian Cuisines, Senin (22/02/2021) pagi, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Ari Purwantoro, kembali mengajarkan anak didiknya Teknik masak tiga menu istimewa khas Jogjakarta, yakni Ayam Kremes, Kremesan dan Sambal Terasi lengkap dengan Nasi Putih-nya. Praktik masak tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sajian makanan Ayam Kremes ini merupakan salah satu kreasi masakan dari Jogjakarta, yang sudah melegenda. Cita rasa Ayam Kremes berikut Kremesan dan Sambal Terasi-nya diakui lezatannya oleh para pecinta kuliner yang mengunjungi Daerah Istimewa Jogjakarta, Tak salah jika orang bilang Ayam Kremes Jogjakarta betul-betul istimewa karena renyah (crispy) di luar dan empuk di dalamnya.

 

Ayam Kremes digoreng dengan baluran tepung terigu yang telah dibumbui dan di-fry hingga matang kecoklatan. Sensasi kriuk yang dihasilkan dari remahan tepung terigu disebut dengan Ayam Kremes atau Ayam Kriuk di DI Jogjakarta dan sekitarnya.

 

Keunikan dan citarasa khas Ayam Kremes berikut Kremesan-nya ini juga menjadi materi praktik masak Indonesian Cuisines pada hari terakhir yang wajib dipelajari mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit (Trstar Group), sekaligus menambah pengetahuan bagi mahasiswa atas warisan budaya kuliner tradisional Nusantara yang telah diakui dunia.

 

Sebelum praktik masak pada hari ke-11 tersebut, Chef Ari menerangkan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk masak menu pertama, Ayam Kremes. Untuk membuat Ayam Kremes yang bercita rasa renyah di luar dan empuk di dalam, maka bahannya adalah whole chicken kampong, garlic, candlenut, coriander leaf, pepper, cumin, salt, vetsin, turmeric, ginger, galangal, kaffir leaf dan coco water.

 

Sebelum dibalur tepung terigu yang sudah dibumbui, ayam kampung untuk diolah menjadi Ayam Kremes, dibersihkan bulu-bulu halusnya hingga bersih, lalu dipotong menjadi 10-12 bagian tergantung selera. Selanjutnya Ayam Kremes yang telah dibumbui itu digoreng hingga masak yang ditandai dengan warnannya yang kecoklatan.


 

Sedangkan bahan untuk membuat Kremesan yang super renyah dan bersarang, terdiri dari candlenut, garlic, tepung sagu, rice flour (tepung beras), water, coco milk (santan instan kental), egg (kuning telur), baking powder double action, kaldu ayam, kunyit dan taburi salt secukup. Semua bahan dijadikan satu dan diaduk hingga rata. Pemanfaatan kunyit (kunir) untuk memberi efek warna kuning cerah pada Kremesan yang digoreng

 

Mahasiswa yang lain kebagian tugas dari Chef Ari untuk menanak Nasi Putih dan menyiapkan bahan untuk membuat Sambal Terasi sebagai condiment-nya. Bahan untuk membuat sambal tersebut meliputi red chilli, hot chilli, tomato, terasi, palm sugar atau brown sugar (gula merah) dan salt secukupnya.

 

Untuk membuat Sambal Terasi yang pedas-pedas enak, maka panggang atau goreng red chilli, hot chilli dan tomato hingga layu, kemudian haluskan. Selanjutnya bumbui dengan salt, terasi yang sudah digoreng dan brown sugar. Sambal Terasi siap disajikan dan pantas untuk dinikmati bersama Ayam Kremes dan Kremesan-nya. Jika ingin menambah dengan Lalapan, maka sayuran yang masih segar –mentimun dan daun selada-- itu bisa disandingkan saat menghidangkannya di meja display.

 

”Setelah semua menu masakan sudah jadi, selanjutnya hidangkan Ayam Kremes, Kremesan berikut Nasi Putih dan Sambal Terasi-nya dalam satu piring yang sudah dihias lebih agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas,” tandas Chef Ari di hadapan mahasiswa Culinary Art Class.

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar