twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 Februari 2021

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Ari

Szechuan Soup, Szechuan Fried Rice, dan Szechuan Beef, Tiga Menu Oriental Cuisines yang Legendaris

 

SZECHUAN atau Sichuan adalah sebuah provinsi di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di sebelah Barat Laut. Ibu kotanya berada di Chengdu, sebuah pusat ekonomi yang penting di Tiongkok Barat. Provinsi ini kaya akan situs-situs bersejarah termasuk budaya kulinernya yang sudah melegenda.

 

Melihat kesejarahannya maka tak salah jika nama Szechuan pun turut menginspirasi bagi tumbuh kembangnya menu-menu kuliner yang legendaris, seperti Szechuan Soup, Szechuan Fried Rice dan Szechuan Beef. Kelezatannya tiga menu tersebut memang patut diacungi dua jempol.

 

Rahasia kelezatan tiga menu legendaris yang masuk dalam kelompok Oriental Cuisines ini juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Siang yang sehari-hari dibimbing Chef Ari Purwantoro. Praktik masak hari kedua itu digelar di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (24/02/2021) siang.

 

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, 10 mahasiswa Culinary Art Class itu dibagi tiga tim kecil masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Setiap tim kebagian tugas masak satu menu masakan Oriental Cuisines.

 

Tim 1 tampil all out saat memasak Szechuan Soup. Sebelum mengolahnya menjadi Szechuan Soup yang segar, mereka lebih dulu membuat Szechuan Sauce (basic sauce for Szechuan Dishes).

 

Bahan yang dibutuhkan terdiri atas salt & pepper, sugar, garlic, ginger, black vinegar, chili oil, mushroom soy, light soy, red chilli, Chinese wine, white onion dan dry chilli. Semua bahan tersebut di-chop lalu ditambahkan minyak goreng dan water secukupnya, selanjutnya di-simmering sampai air habis. 

 

Untuk masak Szechuan Soup, maka bahan masakan yang harus disiapkan adalah fish lips (direndam air panas), jamur hioko di-simmer lebih dulu, ear mushroom, vegetables szechuan, Japanese tofu, chicken breast, carrot, szechuan sauce, chicken stock (kaldu ayam), maizena, salt & pepper dan sugar. Semua bahan untuk masak sup tersebut di-blanch hingga masak sempurna. Szechuan Soup yang masih panas dihidangkan di dalam wadah mangkok.

 

Sedangkan Tim 2 tampil percaya diri ketika diminta menyiapkan bahan-bahan untuk masak Szechuan Fried Rice, yakni rice, szechuan sauce, prawn dikupas kulitnya, chicken breast di-fillet lebih dulu, onion, vegetable szechuan, spring onion, jamur hioko, garlic dan tambahkan seasoning berupa salt, pepper dan sugar.


 

Sementara itu  empat mahasiswa anggota Tim 3 tampil solid demi menuntaskan menu ketiga yakni Szechuan Beef yang tekstur dagingnya betul-betul maknyusss!. Daging sapi yang dipilih untuk masak Szechuan Beef adalah Sirloin atau Tenderloin.

 

Daging sapi tersebut di-slice lebih dulu, baru ditambahkan baking soda, tenderizer, marinate dan water sedikit saja lalu di-rest sekitar 15 menitan agar bumbunya meresap ke dalam daging.

 

Setelah daging sapi itu diungkep selama 15 menitan, daging sapi lalu dimasak bersama bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya. Bumbu Szechuan Beef meliputi beef, baking soda, green bellpepper, dry red chilli dan szechuan sauce.

 

Masih menurut Chef Ari Purwantoro, proses memasak Szechuan Beef sekitar 30-45 menitan baru diangkat jika kuah bumbunya telah reduce tinggal 10-15 persen saja dan tekstur daging sapinya sendiri sudah lunak.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar tiga menu masakan Oriental Cuisines yang legendaris itu tampil cantik, menarik dan berkelas,” tandas Chef Ari kepada anak didiknya.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar