twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 08 Februari 2021

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Ernawati di Graha Tristar


Mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Diajarkan Buat Chicken Nugget secara Industrial

 

DOSEN Pengajar Food Technology Applications Tristar Group Ernawati M.MPar., membekali mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi teknik membuat Industrial Chicken Nugget di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (04/02/2021) pagi.

 

Mereka tampak antusias mengikuti acara cooking demo membuat satu resep olahan makanan --masuk kategori frozen food— yang diolah dengan sentuhan Food Technology. Teknik membuat Chicken Nugget ini merupakan materi praktik Food Technology pekan pertama bersama Chef Ernawati.

 

Selain diajarkan cara membuat Industrial Chicken Nugget, pada pertemuan selanjutnya mahasiswa juga akan dibekali teknik membuat empat produk Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) yang lainnya, yakni Mini Kekian, Sambal Ikan Asin, Bakso (Meat Ball) dan Jamur Crispy.


Menurut Chef Erna, sapaan akrabnya, praktik membuat Chicken Nugget ini tetap menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya.

 

Produk Chicken Nugget yang ada di pasaran saat ini, membidik segmen pasar yang beragam mulai kelas bawah hingga menengah atas. Tidak salah jika produk olahan itu pun kualitasnya juga beragam dari yang yang kelas ekonomis hingga premium.

 

Sampai saat ini eksistensi Chicken Nugget pun tetap bertahan karena memang disuka konsumen. Chicken Nugget yang masuk kategori Frozen Food itu disuka ibu-ibu (muda) karena kepraktisannya alias tidak bikin ribet saat dimasak untuk menu sarapan pagi (breakfast).


Chicken Nugget setengah matang tinggal digoreng beberapa saat, lalu diangkat untuk ditiriskan minyaknya, maka Chicken Nugget itu sudah bisa disajikan di atas meja lengkap bersama telur ceplok atau dadar telur, sambal kecap, chili sauce, tomato sauce dan mayonnaise. Agenda sarapan pagi bersama anak-anak pun menjadi semakin seru dan berkesan!


Demi membuat Industrial Chicken Nugget yang superenak, maka bahan yang disiapkan adalah chicken fillet, chicken skin, ice cubes, tapioca, isolates soy protein (ISP), STPP, garlic powder, MSG, salt, sugar, pepper, soft flour, cornstarch, batter mix flour dan bread crumb mix dan kertas merang untuk mengurangi kandungan minyak usai penggorengan.


Sedangkan untuk penyajiannya di atas piring bisa ditambahkan chili sauce, tomato sauce dan mayonnaise, sehingga tampilannya semakin keren dan menarik. Dalam praktik kali ini, Chef Erna mempersilakan anak didiknya untuk mem-plating dan meng-garnish agar tampilan Chicken Nugget itu semakin cantik, menarik dan berkelas saat disajikan di meja display.

 

”Namun jika orientasinya untuk industri rumahan, maka Chicken Nugget dalam kondisi setengah matang lalu dikemas dalam vacuum plastic dan disimpan dalam freezer agar tahan sampai sebulan bahkan lebih,” Chef Ernawati kepada www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar