twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 09 Februari 2021

Memotret Kehebohan Baking Demo with Chef Dwi Mei Retnowati di Graha Tristar


Dua Kreasi Pumpkin-Sweet Potato Cake yang Dibuat dengan Teknik Steamer dan Di-bake dalam Oven ala Pastry Shop

 

BAKING Demo with Chef Dwi Mei Retnowati yang dihelat pada Kamis (04/02/2021) pagi di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, menarik perhatian mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi. Pasalnya, Chef Mei membuat dua kreasi Pumpkin-Sweet Potato Cake yang legit dengan teknik steamer dan satunya lagi di-bake di dalam mesin oven ala Pastry Shop.

 

Untuk membuat Pumpkin-Sweet Potato Cake tersebut, pihaknya tidak harus ribet mencari Pumpkin (Labu Kuning) dan Sweet Potato (Ubi Ungu), karena kedua bahan itu cukup melimpah di pasar-pasar tradisional maupun swalayan modern.

 

Menariknya lagi, lanjut Chef Mei, padu padan antara Pumpkin dan Sweet Potato warnanya cukup kontras sehingga pas untuk dipadupadankan saat diolah menjadi sebuah produk cake dengan tampilan kekinian yang cantik dan berkelas.

 

Untuk membuat Pumpkin-Sweet Potato Cake yang legit cita rasanya, ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dijalankan. Pertama, membuat adonan Sweet Potato Cake dan menyiapkan adonan Pumpkin Cake secara terpisah.

 

Untuk membuat adonan dasar Sweet Potato Cake, bahannya terdiri dari egg, sugar, emulsifier, cake flour, cornstarch, salt, coconut milk, white chocolate compound, margarine, sweet potatoes dan vanilla paste.


Sementara itu untuk membikin adonan dasar Pumpkin Cake, maka bahan-bahan yang dibutuhkan adalah egg, sugar, emulsifier, cake flour, cornstarch, salt, coconut milk, white chocolate compound, margarine, pumpkin dan vanilla paste.

 

Untuk membuat filling-nya sendiri cukup dengan memanfaatkan cheddar cheese, sedangkan untuk topping-nya, bahan yang diperlukan meliputi white margarine, icing sugar, condensed milk dan cheddar cheese.

 

Tahapan pekerjaan selanjutnya adonan Sweet Potato Cake dan Pumpkin Cake yang sudah jadi masing-masing di-bake pada suhu 180*C selama 40-45 menitan. Sedangkan adonan Sweet Potato Cake dan Pumpkin Cake yang lain di-treatment dengan teknik di-steamer (dikukus) selama 45-60 menitan.

 

”Adonan cake yang di-steamer agar mengembang, tidak bantat dan teksturnya lembut maka perlu Anda tambahkan sedikit baking soda sedangkan adonan cake yang di-bake pada suhu dan waktu tertentu, otomatis bisa langsung mengembang jika ditambahkan baking powder ketika dipanaskan di dalam mesin oven,” terang Chef Mei di hadapan anak didiknya.

 

Untuk Pumpkin-Sweet Potato Cake yang di-steam (dengan diameter 22-25 cm), layer pertama Sweet Potato Cake sedangan layer kedua baru Pumpkin Cake. Antara layer pertama dan layer kedua dikasih filling berupa cheddar cheese. Sedangkan topping-nya memanfaatkan bahan-bahan seperti white margarine, icing sugar, condensed milk dan ditaburi dengan parutan cheddar cheese.

 

Sementara itu Pumpkin-Sweet Potato Cake (dengan diameter 15-18 cm) dari hasil pengovenan (di-bake) pada suhu 180*C selama 40-45 menitan, layer pertama Pumpkin Cake dan layer yang kedua baru Sweet Potato Cake.

 

Antara layer pertama dan layer kedua juga dikasih filling berupa cheddar cheese. Sedangkan topping-nya memanfaatkan bahan-bahan seperti white margarine, icing sugar, condensed milk dan ditaburi dengan parutan cheddar cheese. Hmmm lezatnya bro…!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar