twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 17 Maret 2021

Aksi Fantastik Mahasiswa Praktik Masak Continental Cuisines Bersama Chef Thomas

Elegannya Tampilan ’Corn Chowder, Italian Beef with Paprika, Jambalaya dan Marinated Grilled Prawn’ yang Dikreasi Mahasiswa Culinary Art Class

 

MAHASISWA Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang yang diasuh Chef Thomas Denny menyajikan empat kreasi masakan Continental Cuisines, yakni Corn Chowder, Italian Beef with Paprika, Jambalaya dan Marinated Grilled Prawn dengan tampilan yang elegan dan bekelas, Selasa (16/03/2021) siang. Praktik masak hari ketujuh, siang itu, digelar di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Tampilan keren hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class itu tidak lepas dari sentuhan tangan dingin Chef Thomas Denny, yang mengarahkan anak didiknya untuk tampil all out saat masak empat menu Western Food sejak prepare bahan masakan, memroses masakan tersebut hingga mem-plating empat kreasi masakan tersebut sebelum disajikannya di meja display.

 

”Saya selalu committed untuk mengawal mahasiswa Culinary Art Class saat praktik di kitchen, sejak prepare bahan masakan hingga mem-plating empat kreasi masakan Continental Cuisines ini agar penyajiannya sekelas hotel bintang lima,” kata Chef Thomas, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group kepada kru www.sekolahmasak,info di ruang kerjanya, Selasa (16/03/2021) siang.

 

Tak salah jika saat proses mem-plating masakan yang sudah jadi, Chef Thomas lalu memberikan sentuhan akhir agar tampilannya elegan dan berkelas, Ketrampilan itu selanjutnya di-sharing-kan kepada anak didiknya. Kiat itu ditunjukkan Chef Thomas ketika memberikan contoh bagaimana teknik mem-plating masakan Marinated Grilled Prawn yang cantik dan menarik ala hotel berbintang.


”Saya yakin jika mahasiswa Culinary Art Class sudah piawai meng-plating masakan di kitchen dengan tampilan yang cantik, menarik dan berkelas, mereka pun akan terbiasa melakukan hal tersebut saat mereka bekerja di hotel berbintang maupun di restoran ternama,” cetus Chef Thomas Denny.


Sementara itu demi memudahkan pekerjaan di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Chef Thomas pun membagi tujuh mahasiswa Culinary Art Class menjadi dua tim masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Setiap tim kebagian tugas masak empat menu masakan Continental Cuisines (European Food).

 

Masing-masing tim pun berupaya tampil penuh percaya diri saat masak empat menu Continental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang atau restoran ternama di Surabaya. Menu masakan yang pertama adalah membuat Corn Chowder.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas butter, spring onion, red bellpepper, potato (dipotong bentuk cube), corn on chop, bay leaf, chicken stock (kaldu ayam), salt, milk, blackpepper dan onion (di-chop dulu).

 

Untuk memasaknya, onion yang sudah di-chop baru di-saute bersama butter, spring onion, red bellpepper, bay leaf, milk dan black pepper, sampai keluar aroma harus. Lalu masukkan juga potato yang sudah dipotong cube dan corn serta tambahkan juga chicken stock berikut seasoning secukupnya untuk mendapatkan taste-nya.

 

Corn Chowder yang sudah matang ditandai kuahnya sudah mengental ala pasta maka sup tersebut siap untuk dihidangkan di dalam wadah mangkok. Untuk garnish-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan parsley leaf atau mean leaf dan tomato cherry,” ujar Chef Thomas kepada anak didiknya.

 

Selanjutnya masak Italian Beef with Paprika. Untuk membuat menu masakan yang satu ini, maka bahan masakan yang wajib disiapkan adalah beef (dipotong cube dan di-saute), olive oil, paprika, chilli powder, beef bacon (di-dice lebih dulu), onion (di-saute), carrot (dipotong cube), celery, garlic, red wine, chicken stock, tomato paste, thyme, salt, cinnamon stick, bay leaf, broccoli dan parsley leaves-nya sendiri untuk garnish-nya.

 

Untuk teknik memasaknya, beef dipotong cube lalu di-saute bersama onion dan dikasih olive oil secukupnya sampai keluar aroma harum dan daging itu menjadi setengah matang. Barulah bahan-bahan lainnya termasuk red wine, chicken stock dan tomato paste dimasak bersama daging yang sudah di-saute tadi hingga kuah bumbunya reduce tinggal 5-10 persen saja dan tekstur daging juga sudah mulai empuk.


Setelah masak Corn Chowder dan Italian Beef with Paprika, giliran menu ketiga yang siap diolah mahasiswa Culinary Art Class adalah Jambalaya, sedangkan menu masakan yang terakhir berupa Marinated Grilled Prawn.

 

Untuk membuat Jambalaya, bahan yang dibutuhkan antara lain bacon (di-slice), onion (di-dice dulu), garlic (di-chop), tomato (juga di-dice), thyme, rice (di-wash lebih dulu sampai bersih), chicken stock, clean shrimp (udang yang sudah dibersihkan kulitnya), red bellpepper, green bellpepper (di-dice), tabasco, salt dan pepper.

 

Untuk membuatnya, bacon, onion, garlic, tomato, thyme dan shrimp di-saute lebih dulu hingga keluar aroma harum. Lalu masak nasi sampai matang bersama chicken stock, red bellpepper, green bellpepper, baru tambahkan tabasco, salt dan pepper secukupnya sampai mendapatkan taste yang diinginkan. Jambalaya yang sudah matang ditandai kuah bumbu di dalam olahan nasi itu telah reduce hanya tinggal 1-2 persen.

 


Menu yang terakhir adalah Marinated Grilled Prawn. Olahan udang windu (King Prawn) tersebut terasa nikmat saat disajikan di meja makan, setelah udang tersebut diproses lebih dulu dengan cara dimasak di atas mesin grilled dengan diolesi bumbu dari white wine, sesame oil, soy sauce, sugar, garlic powder dan ginger (di-chop lebih dulu), sampai matang dengan aroma bumbu yang harum.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar empat menu masakan Continental Cuisines yang legendaris itu tampil elegan dan berkelas,” tandas Chef Thomas, di sela-sela mendampingi anak didiknya masak di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar