twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 08 Maret 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Nadya

Sedapnya Wonton Soup, Cantonese Noodle dan Stir Fried Baby Kailan, Tiga Menu Chinese Food yang Populer di Surabaya

 

PADA tatap muka hari ketiga, Selasa (02/03/2021) pagi, pekan lalu, mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, yang sehari-hari diasuh Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., diajarkan teknik masak tiga menu Oriental Cuisines yang cukup populer, yakni Wonton Soup, Cantonese Noodle dan Stir Fried Baby Kailan, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 13 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi dua tim masing-masing beranggotakan 6-7 orang. Setiap tim kebagian tugas masak tiga menu masakan Oriental Cuisines. Masing-masing tim nantinya diadu untuk menampilkan kreasi plating-an yang terbaik dari hasil masakannya di hadapan Chef Nadya Ratri Ayani.

 

Baik Tim 1 (Jeny dkk) maupun Tim 2 (Jonathan cs), sama-sama tampil all out saat memasak Wonton Soup, Cantonese Noodle dan Stir Fried Baby Kailan. Menu pertama membuat Wonton Soup. Bahan yang dibutuhkan terdiri atas wonton skin (dibentuk ala siomay lengkap dengan isinya), chicken breast (dimasak dulu sampai tekstur dagingnya soft), garlic, spring onion (di-slice lebih dulu), ginger (di-grated), egg, chicken stock (kaldu ayam), soy sauce, sesame oil, salt dan pepper.

 

Untuk memasaknya, maka garlic, spring onion, ginger di-saute sebentar sampai keluar aromanya harum. Olahan bumbu ini lalu dimasukkan ke dalam kaldu ayam bersama chicken breast dan egg untuk di-boiling. Kemudian tambahkan juga seasoning (white sugar, salt & pepper), sesame oil dan soy sauce secukupnya agar Wonton Soup tersebut berasa sedapnya.

 

Selanjutnya masing-masing tim praktik masak menu kedua yakni Cantonese Noodle. Demi masak Cantonese Noodle (Mie Goreng Kanton) yang lezat, maka bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi egg noodle, garlic, soy sauce, beef, prawn, Chinese wine, chaisim, spring onion, sesame oil, salt dan pepper.

 

Sebelum diproses lebih lanjut egg noodle di-soak dalam air panas, lalu di-boiling dan angkat bila sudah matang kemudian ditambahkan sedikit vegetable oil aduk merata agar egg noodle-nya tidak lengket. Beberapa siung garlic di-chop lalu di-saute bersama sesame oil, beef yang sudah dipotong bentuk dadu atau di-slice, prawn (udang) yang sudah dibersihkan kulit dan bagian kepalanya.

 

Selama proses memasaknya, maka tambahkan juga Chinese wine, chaisim (yang telah dipotong ukuran 2 cm), spring onion (juga sudah dipotong ukuran 2 cm), water secukupnya, salt & pepper, oyster sauce berikut seasoning-nya hingga Cantonese Noodle tersebut matang sempurna.

 

Sementara itu menu masakan yang terakhir adalah membuat Stir Fried Baby Kailan (Tumis Babi Kailan). Untuk masak Stir Fried Baby Kailan bahan yang wajib disiapkan adalah baby kalian (dibersihkan dulu lalu di-blanching sampai layu), garlic (di-mince lebih dulu) sebelum di-saute dengan sesame oil hingga mengeluarkan aroma harum.

 

Saat menumis garlic dan baby kalian dengan sesame oil, kemudian tambahkan juga soy sauce, Chinese wine, salt & pepper, oyster sauce berikut seasoning secukupnya. Beberapa menit kemudian, olahan Stir Fried Baby Kailan bisa langsung diangkat jika sudah matang.


Pekerjaan terakhir, masing-masing tim diminta mem-plating hasil kreasi masakannya sebelum disajikan di meja display untuk dinilai dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan citarasanya oleh dosen pembimbing. Mantap banget masakannya bro & sis …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar