twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 31 Maret 2021

Dari Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi di Laboratorium Graha Tristar Surabaya

Choco Strawberry Cake, Red Velvet Hokkaido Cheese Tart Durian dan Pie Brownies Terbaik Versi Tim Juri


TIGA kreasi cakes kekinian, Choco Strawberry Cake, Red Velvet Hokkaido Cheese Tart Durian dan Pie Brownies menjadi yang terbaik versi tim juri yang terdiri dari Chef Endang Sri Rahajoe, Chef Lusiana dan Dewi Mariyanah, pada Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi yang diikuti enam mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi.

 

Final exam Hari Pertama Sesi Pagi mengangkat tema Cake Creation, Tartlet/Pie atau Puff Pastry itu itu diselenggarakan di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (24/03/2021) pagi.


Choco Strawberry Cake yang dibuat Vina Priscilla Leonardo sukses meraih point tertinggi, 89,11, sedangkan ranking kedua dengan nilai 84,10 direbut Kamajaya Adiwida Patriot yang menampilkan kreasinya Red Velvet Hokkaido Cheese Tart Durian dan Pie Brownies persembahan dari Steven Leonardo berhasil mendapat point 82,78.

 

Ujian praktik hari pertama yang diikuti enam mahasiswa Pastry Art (P1) Kelas Pagi. Mereka adalah Nurul Meidiyanti, Ruth Noraviani, Fabian Soetandio, Vina Priscilla Leonard, Kamajaya Adiwida Patriot dan Steven Leonardo. Sedangkan tema yang diusung masih seputar Cakes Creation, Tartlet/Pie atau Puff Pastry kekinian yang telah diajarkan Chef Dwi Mei Retnowati, Dosen Pengajar Tristar Group.


Urutan berikutnya ditempati Nurul Meidiyanti dengan kresinya berjudul Charlotte Cake. Kreasi cake ini berhasil membukukan point 79,22. Selanjutnya posisi kelima dengan nilai 78,78 diraih Ruth Noraviani yang menampilkan kreasinya bertajuk Makuta Cake Oreo dan cake kreasi Fabian Soetandio yang berjudul Lychee Pound Cake mendapat point 78,33.

 

Selama ujian praktik membuat kreasi Cake, Tartlet/Pie atau Puff Pastry yang berlangsung di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, pagi itu, setiap peserta ujian tampil all out demi mempersembahkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri.

 

Menurut Chef Dwi Mei Retnowati, durasi ujian praktik secara individual itu dipatok 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi Cake, Tartlet/Pie atau Puff Pastry dengan tampilan kekinian tersebut.

 

”Hasil kreasi cakes mahasiswa itu dinilai tiga juri. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” terang Chef Mei, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Class tersebut kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Final exam yang mengangkat tema Cake Creation, Tartlet/Pie atau Puff Pastry itu bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat cakes hingga diajarkan cara menghias cakes kekinian di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar