twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 08 Maret 2021

Asyiknya Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Ernawati dan Chef Rachma

Mahasiswa Culinary Art Class Diajarkan Teknik Buat Economic Meat Ball Dua Varian Rasa untuk Bisnis Rumahan

 

GILIRAN mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi, dibekali teknik membuat Economic Meat Ball dua varian rasa yang superenak oleh Chef Ernawati M.MPar., Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (04/03/2021) pagi.

 

Pada pertemuan kali keempat tersebut, Chef Ernawati mendampingi anak didiknya praktik membuat Economic Meat Ball dua varian rasa, yakni Original dan Cheese (keju), yang superenak rasanya dengan harga terjangkau.

 

Pilihan membuat Economic Meat Ball untuk bisnis rumahan juga merupakan pilihan cerdas karena biaya pembuatannya bisa dihemat karena bahan utamanya tidak 100 persen daging sapi, melainkan dikombinasi antara daging sapi (beef kisi) dan chicken fillet fresh dengan rasio 1 : 2.

 

”Dengan demikian, Economic Meat Ball untuk bisnis rumahan tersebut bisa menyasar segmen pasar yang luas dari segmen middle low (menengah bawah) hingga middle up {menengah atas) karena harganya yang terjangkau untuk semua kalangan,” terang Chef Ernawati kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Selama praktik membuat Economic Meat Ball dengan sentuhan food technology, pihaknya membuat empat resep. Untuk setiap resepnya membutuhkan sejumlah bahan yang terdiri dari chicken fillet fresh 150 gram, fat non solid 50 gram, beef kisi 75 gram, phosmix, salt, ice cube, tapioca, sugar, pepper, MSG dan garlic powder.

 

“Demi memberikan pilihan menarik kepada konsumen, maka selama praktik membuat Economic Meat Ball tersebut, dua tim mahasiswa Culinary Art Class, saya beri tugas membuat dua varian rasa, yakni original dan cheese (rasa keju),” ujarnya.

 

Sementara itu mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diajarkan Chef Rachma Nur Devianti S.TP., M.MPar., Dosen Pengajar Food Technology Applicartions Tristar Group, hanya dibekali teknik membuat dua resep Economic Meat Ball dengan satu varian rasa yakni rasa original saja.

 

Saat praktik di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar bersama Chef Rachma, mahasiswa Culinary Art Class itu tetap tampil antusias membuat Economic Meat Ball secara manual dengan mengandalkan ketrampilan tangan.

 

Setelah mereka asyik membuat pentol bakso ekonomis, selanjutnya diaplikasikan langsung dengan membuat kuah bakso lengkap dengan bawang goreng, rajangan daun bawang, sambal berikut saus tomatnya. Jadilah sajian bakso berkuah yang siap untuk disantap bersama. Wow jadinya seru banget bro & sis …!


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar