twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 21 Maret 2021

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Ari Purwantoro

Kelezatan Salted Egg Chicken Wings, Stir Fried Eggplant with Beef dan Fried Kweetiau, Begitu Menggoda Selera

 

MAHASISWA Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang, tampil penuh percaya diri saat praktik masak tiga menu Oriental Cuisines yang kelezatannya begitu menggoda selera makan, Tiga menu Chinese Food itu adalah Salted Egg Chicken Wings, Stir Fried Eggpalnt with Beef dan Fried Kweetiau. Praktik masak hari kedelapan tersebut dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (16/03/2021) siang.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, sepuluh mahasiswa Culinary Art Class yang hadir siang itu dibagi tiga tim kecil masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Setiap tim kebagian tugas masak satu menu masakan Oriental Cuisines (Chinese Food). Durasi untuk masak tiga menu legendaris tersebut tidak lebih dari satu jam.

Oleh karena itu masing-masing tim berupaya tampil penuh semangat saat masak menu Oriental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintanf dan restoran terkenal di Surabaya. Tim 1 (Bilal dkk) kebagian tugas masak menu yang pertama yakni Salted Egg Chicken Wings.


Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas chicken wings, butter, onion, garlic, salted egg yolk, saus Inggris (lokal), L&P, green peas dan water secukupnya. Cara masaknya, chicken wings dibersihkan bulu-bulu halusnya terus ditaburi seasoning (salt, pepper, vetsin dan sugar) lalu didiamkan sebentar, baru digoreng sampai matang.


Tahapan pekerjaan selanjutnya adalah membuat saus salted egg. Bahannya meliputi butter, onion (di-chop lebih dulu) dan garlic (juga di-chop) di-saute sampai mengeluarkan aroma harum lalu ditambahkan saus Inggris, salted egg yolk yang sudah dihalus, L&P, green peas dan water sucukupnya dimasak hingga kuahnya reduce tinggal 10 persen saja.

 

Untuk menyajikannya, chicken wings tersebut ditata di atas piring kemudian diguyur saus salted egg sehingga tampak meleleh (melted) atau chicken wings tersebut diolah bersama dengan saus salted egg baru dihias di atas piring, maka jadilah Salted Egg Chicken Wings.

 

Sedangkan Tim 2 (Ellen cs) yang ditugasi untuk masak Stir Fried Eggplant with Beef pun tampil percaya diri. Untuk ini mereka bekerja all out menyiapkan bahan masakan yang meliputi green eggplant, ground beef, hioko, garlic, ginger, onion, red chilli, chinese wine, soy sauce dan coriander leaf (untuk garnish-nya).

 

Untuk memasaknya, green eggplant dibersihkan dibelah jadi empat bagian lalu dipotong-potong sekitar 7-10 cm. Ground beef di-seasoning lebih dulu baru di-chop ukuran mini cube. Sedangkan hioko di-simmering dulu hingga dagingnya lunak baru di-slice dengan ketebalan sekitar 0,5 cm.

Sementara itu bahan lain seperti garlic, ginger, onion, red chili semuanya di-chop lebih dulu sebelum di-saute hingga mengeluarkana aroma harum. Selama men-saute, masukkan green eggplant dan ground beef, lalu tambahkan juga chinese wine dan soy sauce. Cicipi dulu taste-nya dan selanjutnya angkat jika olahan masakan tersebut sudah matang. Sebelum Stir Fried Eggplant with Beef itu disajikan, maka beri garnish dengan coriander leaf.


Sementara itu empat mahasiswa anggota Tim 3 (Amanda dkk), tampil kompak demi menuntaskan menu terakhir yakni Fried Kweetiau. Bahan-bahan yang diperlukan untuk masak Fried Kweetiau terdiri dari kweetiau yang masih fresh, beansprout, garlic, prawn, cutterfish, fish ball, chicken stock, chives, chinese wine, oyster sauce, soy sauce, sesame oil dan tambahkan juga seasoning yang terdiri salt, pepper dan sugar, demi mendapatkan taste-nya.

 

”Jika semua pekerjaan telah tuntas, giliran sekarang Anda tinggal mem-plating dan meng-garnish-nya agar tiga menu masakan Oriental Cuisines yang kelezatannya begitu menggoda selera makan itu tampak elegan dan berkelas,” tandas Chef Ari Purwantoro saat mendampingi anak didiknya di kitchen.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar