twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 31 Maret 2021

Dari Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi di Laboratorium Graha Tristar Surabaya

Chef Renny Berikan Kebebasan Anak Didiknya Berkreasi saat Final Exam asal Temanya Selaras dengan Materi Praktik di Kelas Pastry Art


 

DOSEN Pengajar Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, Chef Renny Savitri beri kebebasan anak didiknya berkreasi dan berimprovisasi saat Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi di Graha Tristar, Rabu (24/03/2021) pagi, setelah mereka mengikuti undian di mana di kelas dan temanya pun diselaraskan dengan materi praktik Pastry Art Class yang telah diajarkan sebelumnya.


Final Exam Hari Pertama secara individual, pagi itu, diikuti enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri. Mereka adalah Yohana Rimba Gemintang, Rulita Misbah Utoyibah, Adam Krisna Wijaya, Shinta Nuriyah, Hellen Margaretha dan Siti Monalisa.

 

Selama ujian berlangsung pagi itu, Yohana sapaan akrab mahasiswi cantik asal Pacitan itu berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi bread yang bertajuk Sweet Chicken & Shrimp Boazi yang berasa gurih (savoury taste).

 

Sedangkan Rulita fokus membuat kreasi cake kekinian yang diberi titel Choco Cheese Tiger Roll Cake. Begitu juga dengan Adam yang tampil antusias demi menyiapkan mini pizza kreasinya yang diberi nama Spicy Mini Pizza yang gurih rasanya.

 

Selanjutnya yang tampil adalah Shinta Nuriyah. Mahasiswi yang akrab disapa Shinta tersebut berupaya keras membuat kue tradisional andalannya dengan mengusung tema Chicken Mushroom Risoles.


Sementara itu Hellen Margaretha, yang akrab dipanggil Hellen itu tampak sedang berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat cake yang diberi nama Basket Cake. Tak mau kalah dengan rekannya, Siti Monalisa juga antusias menyiapkan kreasi bread kekinian yang bertajuk Mozzarella Sausage Bread yang berasa gurih.

 

Masih menurut Chef Renny, durasi ujian praktik secara individual di Laboratorium Praktik Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar itu dipatok 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasinya masing-masing.

 

Hasil kreasi enam mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi tersebut diapresiasi oleh tiga tim juri yang terdiri atas Chef Sari Palupi, Chef Endang Sri Rahajoe dan Imania Ayu Wulandari.

 

Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar