twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 15 Maret 2021

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Continental Cuisines Bersama Chef Jo

Menu ala Hotel Berbintang ’Hungarian Beef & Potato Soup, Portuguese Beef & Clam Stew, Ratatouille dan Red Snapper with Honey & Roasted Garlic’ yang Berkelas


RAHASIA kelezatan empat menu populer yang masuk dalam kelompok Continental Cuisines ini diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang yang diasuh Chef Mario Alvin Yonathan. Praktik masak hari kelima, Rabu (10/03/2021) siang itu, mahasiswa diminta membuat empat menu ala hotel berbintang, yakni Hungarian Beef & Potato Soup, Portuguese Beef & Clam Stew, Ratatouille dan Red Snapper with Honey & Roasted Garlic dengan tampilan yang berkelas.

 

Demi memudahkan pekerjaan di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, tujuh mahasiswa Culinary Art Class itu dibagi dua tim masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Setiap tim kebagian tugas masak empat menu masakan Continental Cuisines (European Food).


Masing-masing tim berupaya tampil all out saat masak empat menu Continental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang. Menu masakan yang pertama adalah membuat Hungarian Beef & Potato Soup.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas ground beef, onion (di-chop), green bellpepper (di-chop), flour, potato (di-boil, peel & cube), paprika, cayenne, marjoram, salt, tomato paste dan brown stock.

 

Sebelum semua bahan di-simmer, maka ground beef dan onion di-saute lebih dulu, sedangkan potato-nya sendiri di-boil, terus di-peel lalu dipotong bentuk cube. Selama proses men-simmering ground beef, onion, potato, masukkan juga green bellpepper, flour, paprika, cayenne, marjoram dan salt, lalu tambahkan juga tomato paste dan brown stock.

 

Hungarian Beef & Potato Soup yang sudah matang siap untuk dihidangkan di dalam wadah mangkok. Untuk garnish-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan parsley leaf dan tomato cherry,” ujar Chef Jo, sapaan akrabnya, kepada anak didiknya.

 

Selanjutnya masak Portuguese Beef & Clam Stew. Untuk membuat menu masakan yang satu ini, maka bahan masakan yang harus disiapkan adalah beef (dipotong cube), lemon, onion (di-dice), garlic (di-minced), thyme, salt, blackpepper, olive oil, white wine, flour, chicken stock (di-braised until tender), tomato (di-dice), clam (kerang) dan garnish-nya pakai parsley leaves (yang di-chop lebih dulu).


Untuk teknik memasaknya, beef dipotong cube lalu dikucuri perasan lemon (marinated), sedangkan onion dan garlic di-saute sampai keluar aroma harum baru bahan-bahan lainnya dimasukkan termasuk clam-nya. Namun sebelum dimasak, clam yang sudah dibersihkan sebaiknya di-boil lebih dulu agar dagingnya menjadi empuk.

 

Setelah masak Hungarian Beef & Potato Soup dan Portuguese Beef & Clam Stew, giliran menu ketiga yang siap diolah mahasiswa Culinary Art adalah Ratatouille, sedangkan menu masakan yang terakhir berupa Red Snapper with Honey & Roasted Garlic.

 

Untuk membuat Ratatouille, bahan yang dibutuhkan antara lain zucchini (di-cut to half lalu di-slice), eggplant (di-cut to half lalu di-slice), onion (di-chop), carrot (di-slice), red bell (dipotong model julienne), tomato concasse, mozzarella (di-grated), parmesan, oregano, thyme, bay leaf, parsley leaves (di-chop) dan tambahkan juga seasoning secukupmya untuk mendapatkan taste yang diinginkan.


Menu yang terakhir adalah Red Snapper with Honey & Roasted Garlic. Olahan ikan Kakap Merah dengan madu berikut bumbunya tersebut terasa nikmat saat disajikan di meja, setelah masakan tersebut diproses lebih dulu dengan cara dipanggang di dalam mesin oven (di-roasted) pada suhu 180*C selama 15 menitan.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar empat menu masakan Continental Cuisines yang populer itu tampil cantik, menarik dan berkelas,” tandas Chef Jo, di sela-sela mendampingi anak didiknya masak di kitchen. Good jobs Bro & Sis …!

 


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar