twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 14 Maret 2021

Aksi Seru Praktik Buat Aneka Kreasi Es Krim & Es Puter Kekinian di Graha Tristar

Mahasiswa Pastry Art Buat Black Forest Ice Cream Cake, Es Puter Kelapa Muda, Sweet Corn Gelato dan Melon Sorbet

 


USAI belajar teknik menghias aneka kreasi Wedding Cakes Decoration, giliran sekarang 12 mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Siang, yang dibimbing Chef Renny Savitri M.Par., dibekali teknik membuat delapan kreasi es krim dan es puter kekinian. Praktiknya sendiri dilaksanakan di Laboratorium Praktik Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada tatap muka hari pertama, Rabu (10/03/2021) siang, Chef Renny, mengajarkan anak didiknya cara membuat Black Forest Ice Cream Cake, Es Puter Kelapa Muda, Sweet Corn Gelato dan Melon Sorbet.

 

Sementara itu pertemuan hari kedua, Senin (15/03/2021) siang, giliran Chef Renny membekali anak didiknya seputar teknik membuat Peach Ice Cream, Choco-Cookies Gelato, Strawberry Ice Cream on Tartlet dan Es Puter Nangka.

 

”Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 12 mahasiswa Pastry Art Class itu saya bagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok beranggotakan tiga mahasiswa. Kelompok pertama, misalnya, praktik buat Black Forest Ice Cream Cake hingga kelompok empat kebagian tugas buat Melon Sorbet,” terangnya.

 

Seperti biasanya, sebelum praktik dimulai, Chef Renny lebih dulu menerangkan teknik membuat es krim, es milk (gelato), sorbet dan es puter sesuai panduan singkat yang tersaji pada Buku Ajar (Silabus) yang sudah diberikan kepada mahasiswa. Selain itu, mereka juga dikenalkan cara mengaplikasikan mesin pemroses es krim dan es puter di Laboratorium Praktik Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

 

Untuk membuat Black Forest Ice Cream Cake, mahasiswa anggota Kelompok 1 diminta menyiapkan bahan untuk membuat Chocolate Ice Cream lebih dulu, yakni fresh cream, fresh milk, sugar, cornstarch, egg yolk, chocolate paste dan rum paste.


Tahapan pekerjaan yang dilakoni antara lain fresh cream, fresh milk dan sugar di-boil (di-cook) lebih dulu. Lalu egg yolk dan cornstarch di-mix baru di-boil bersama fresh cream, fresh milk dan sugar.

 

Pekerjaan selanjutnya membuat Chocolate Sponge. Bahannya terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, cocoa powder, melted butter, chocolate paste, fresh cream (whip), delapan biji cherry red dan dark chocolate compound (DCC).

 

Sedangkan Kelompok 2, 3 dan 4 masing-masing kebagian tugas membuat Es Puter Kelapa Muda, Sweet Corn Gelato dan Melon Sorbet. Khusus untuk Kelompok 4 yang ditugasi membuat Melon Shorbet ternyata paling duluan selesainya.

 

Pasalnya, lanjut Chef Renny Savitri, dalam proses pembuatan Melon Shorbet tidak terlalu ribet, misalnya harus menggunakan mesin pemroses es krim seperti dalam praktik membuat Black Forest Ice Cream Cake, Es Puter atau Sweet Corn Gelato.

 

Bahan untuk membuat Melon Sorbet terdiri dari sugar, water, melon syrup, melon fresh dan lemon juice. Cara membuatnya sugar, water, melon syrup dan melon segar yang di-blender bersama ice cube yang sudah dihancurkan lebih dulu, kemudian pindah dalam bowl.

 

”Sebelum ditampilkan di meja display, Melon Sorbet yang sudah jadi tersebut lalu dimasukkan ke dalam gelas dan di-garnish dengan irisan buah melon agar tampilannya cantik dan menarik,” pungkasnya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar