twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 07 Maret 2021

Mahasiswa Pastry Art Class Ramaikan Baking Demo with Guest Lecture di Graha Tristar

Chef Akhmad Rifai Tampilkan Peanut Butter Chocolate Log Cake, Checkerboard Cake dan Devil Food Cake yang Keren dan Berkelas


SEBANYAK 50-an orang mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit dari empat kelas A, meramaikan gelaran Baking Demo with Guest Lecture dari PT Multi Aneka Pangan Nusantara (MAPN), Chef Akhmad Rifai, di Laborartorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (02/03/2021).

 

Acara Baking demo with Guest Lecture yang digelar dalam dua sesi itu, dihelat pagi dan siang hari, diapresiasi oleh mahasiswa dan dosen pengajar Pastry Art Akpar Majapahit. Pada gelaran sesi pertama, pesertanya sekitar 25-an mahasiswa, Pastry Art Kelas Pagi, sedangkan pada sesi kedua juga dihadiri 25-an orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Siang.

 

Kehadiran Chef Akhmad Rifai dari PT Multi Aneka Pangan Nusantara (MAPN), produsen coklat merek Parrot Chocolate dengan tagline Delivering Your Taste, yang menjadi dosen tamu pagi itu tidak sendiri, melainkan di dampingi Branch Executive PT MAPN Robert.

 

Kedatangan dua orang tamu dari PT MAPN tersebut ke Kampus Akpar Majapahit Gedung Graha Tristar Surabaya itu disambut langsung oleh tiga Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, yakni Chef Renny Savitri M.Par., Chef Dwi Mei Retnowati S.Si dan Chef Upi Palupi S.Pd., M.MPar.

 

Dalam pengantarnya di hadapan anak didiknya, Chef Renny Savitri M.Par., mengajak segenap mahasiswa Pastry Art yang hadir hari itu untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya acara bertajuk Baking Demo with Guest Lecture kali ini, demi melihat sejauh mana perkembangan ter-up date seputar aneka kreasi cakes modern yang lagi nge-trend akhir-akhir ini.

 

Baking demo berbasis coklat ini diharapkan bisa menjadi acuan mahasiswa, coklat mana yang nantinya bakal mereka aplikasikan untuk buka usaha sendiri, karena di pasaran saat ini tersedia banyak merek coklat yang berkualitas bagus untuk membuat aneka kreasi coklat kekinian,” tandas Chef Renny, sapaan akrabnya.

 

Sedangkan Chef Akhmad Rifai dari Parrot Chocolate, fokus untuk berbagi ilmu teknik membuat tiga kreasi cakes kekinian, yakni Peanut Butter Chocolate Log Cake, Checkerboard Cake dan Devil Food Cake yang keren dan berkelas penampilannya bersama mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit.

 

Sebelum menerangkan tiga resep cakes tersebut, Chef Rifai, sapaan karibnya, mengenalkan sejumlah produk unggulan dari Parrot Chocolate, sepeerti Coklat Bubuk Parrot Black, Parrot Pasta, Parrot Gold Meyses dan Dark Chocolate Compound.

 

Sebetulnya, tambah Branch Executive PT MAPN, Robert, Parrot Chocolate memiliki lebih dari 35 jenis varian produk coklat untuk berbagai keperluan baking mulai dari cocoa powder, chocolate compound, chocolate rice, chocolate filling, chocolate pasta, chocolate booster dan berbagai produk chocolate yang lain.

 

Untuk membuat Checkerboard Cake yang keren dan berkelas, misalnya, sedikitnya ada tiga tahapan pekerjaan yang wajib dilakoni. Pekerjaan tahap pertama adalah membuat Cake A (Vanilla Sponge). Bahan untuk membuat adonan Vanilla Sponge terdiri dari telur, kuning telur, gula pasir, cake emulsi, tepung protein sedang, susu bubuk, maizena, baker mix dan vanilla pasta.


Pekerjaan selanjutnya membuat Cake B (Chocolate Sponge), dengan menggunakan sejumlah bahan yang terdiri dari telur, kuning telur, gula pasir, cake emulsi, tepung protein sedang, susuk bubuk, maizena, Coklat Bubuk Parrot Black dan baker mix. Sedangkan pekerjaan tahap akhir adalah menyiapkan Filling & Frasthing dengan memanfaatkan bahan berupa Parrot Pasta dan Parrot Gold Meyses.

 

Cara membuatnya: (1). Bahan A, semua bahan kecuali baker mix dan vanilla pasta dikocok menjadi satu hingga mengembang putih dan berjejak. Selanjutnya masukkan baker mix dan vanilla pasta yang sudah dicairkan, lalu cetak ke dalam dua loyang ukuran 18 cm yang sudah dialasi dengan kertas roti dan oven dengan suhu 180*C selama 25 menit hingga matang.

 

(2). Bahan B, semua bahan kecuali baker mix dan vanilla pasta dikocok menjadi satu hingga mengembang putih dan berjejak. Selanjutnya masukkan cocoa powder yang sudah diayak, lalu aduk hingga rata. Berikutnya masukkan baker mix dan coklat pasta yang sudah dicairkan, lalu cetak ke dalam dua loyang ukuran 18 cm yang sudah dialasi kertas roti dan oven dengan suhu 180*C selama 25 menit hingga matang.


Terakhir (3). Assembling, sesudah cake matang dan dingin lalu cutter cake dan beri jarak 1-2 cm cutter hingga menjadi rinf bulat semua cake dari besar ke kecil, lalu susun dengan bergantian coklat dan putih serta tempelkan dengan parrot pasta, ulangi hingga selesai. Lalu cover dengan Parrot Pasta dan tutup dengan Parrot Gold Meyses untuk sampingnya dan atasnya d├ęcor dengan choco chips.


Selain diajarkan cara membuat Checkerboard Cake, mahasiswa Pastry Art Class yang hadir dalam Baking Demo with Guest Lecture juga dibekali teknik membuat Peanut Butter Chocolate Log Cake dan Devil Food Cake, yang keren dan berkelas.

 

”Selama proses membuat tiga kreasi cakes kekinian tersebut, ada sejumlah mahasiswa yang tampil percaya diri menjadi asisten Chef Akhmad Rifai. Saya salut kepada mereka yang berani tampil di depan bersama Guest Lecture dari Parrot Chocolate,” ujar Chef Renny Savitri M.Par., Dosen Pengajar Pastry Art Class Akpar Majapahit kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Sementara itu sebelum gelaran baking demo tersebut ditutup, Branch Executive Parrot Chocolate, Robert, membuka sesi tanya jawab. Mahasiswa yang bisa menjawab lima pertanyaan dari pihak Parrot Chocolate, disediakan goodie bag yang menarik. Forum tanya jawab ini yang disambut heboh oleh mahasiswa. Bravo bro & sis…!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar