twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 09 Maret 2021

Kehebohan Mahasiswa Belajar Teknik Menghias Cake Spesial di Graha Tristar Surabaya


SEBELUM dikenalkan teknik membuat Wedding Cake Decorations, mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati S.Si., Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit menyelesaikan materi teknik menghias Cakes Spesial di Laborartorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (04/03/2021) pagi, pekan lalu.

 

Tatap muka pada hari terakhir pagi itu dihadiri 13 orang mahasiswa Pastry Art Class. Mereka diajarkan membuat empat kreasi Cakes Spesial yakni Anniversary Cake, Religi Cake, Money Surprised Cake dan Birthday Cake yang elegan dan berkelas.

 

Untuk membuat Money Surprised Cake di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan vanilla sponge yakni egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine dan vanilla paste.

 

Adonan vanilla sponge sebelum di-bake pada suhu 180*C dimasukkan lebih dulu ke dalam loyang bulat berdiameter 18 cm. Metode pembuatan Cake Spesial yang satu ini memadukan antara Sponge Method dengan Genoise Method.

 

Pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan Filling & Cover-nya berupa Simple Buttercream, yang bahannya terdiri dari white margarine, butter, icing sugar, condensed milk, food coloring dan gulungan money toys (uang kertas mainan) sebanyak 10 lembar.

 

Sedangkan tahapan pekerjaan yang terakhir adalah membuat Flower Garnish, yakni Italian Meringue Butter Cream, bahannya meliputi water, sugar (blend), egg white, lemon juice, sugar (blend) dan cold butter.

 

 

”Kreasi cake kekinian yang satu ini dinamakan Money Surprised Cake, karena sukses membuat kejutan saat ornamen itu ditarik secara perlahan-lahan muncul gulungan uang kertas mainan. Aksi itu betul-betul membikin kejutan pihak yang memesan cake tersebut,” ujar Chef Mei di ruang kerjanya, Kamis (04/03/2021).

 

Sementara itu untuk membuat kreasi kue yang kedua, yakni Birthday Cake, Chef Mei kembali mengajak anak didiknya menyiapkan bahan yang terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine dan vanilla paste.

 

Seperti saat membuat Money Surprised Cake, maka untuk membuat Birthday Cake ini, metode yang digunakan juga merupakan perpaduan antara Sponge Method dan Genoise Method. Adonan vanilla sponge sebelum di-bake pada suhu 180*C dimasukkan lebih dulu ke dalam loyang bulat berdiameter 18 cm.

 

Pekerjaan berikutnya, mahasiswa diminta menyiapkan Filling-nya dari blueberry jam dan membuat Simple Buttercream dengan memanfaatkan bahan seperti white margarine, butter, icing sugar dan condensed milk, sedangkan untuk Cover-nya sendiri menggunakan icing sugar.

 

”Selain saya ajarkan teknik membuat Money Surprised Cake dan Birthday Cake, mahasiswa juga dibekali teknik membuat Anniversary Cake dan Religi Cake,” kata Chef Dwi Mei Retnowati kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Pertemuan hari ketiga ini merupakan rangkaian dari materi praktik teknik menghias Cakes Spesial selama tiga kali tatap muka. Pada tatap muka sebelumnya, mahasiswa fokus belajar tentang Basic Bordering Plain Tube dan Bordering with Star.

 

Sebelum praktik di kitchen pada hari ketiga, Kamis (04/03/2021) pagi, Dosen Pengajar Pastry Class, Chef Mei menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik menghias Cakes Spesial di hadapan anak didiknya. Chef Mei juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue dan teknik menghias classic cakes maupun modern cakes yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar