twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 21 Maret 2021

Mahasiswa Pastry Art Class Sukseskan Baking Demo with Guest Lecture Sesi Dua

Cantiknya Tampilkan Chocolate Drip Cake, Checkerboard Cake dan Peanut Butter Chocolate Log Cake Persembahan Chef Akhmad Rifai

 

GELARAN Baking Demo with Guest Lecture Sesi Dua dari PT Multi Aneka Pangan Nusantara (MAPN) Chef Akhmad Rifai, di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, kembali bergulir. Sekitar 40 orang mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit dari tiga kelas B, menyukseskan acara tersebut, Kamis (18/03/2021) pagi.


Acara Baking demo with Guest Lecture Sesi Dua itu hanya dihelat pagi hari. Seperti halnya pada gelaran Sesi Pertama, akhir Februari 2021 lalu, kegiatan ini juga diapresiasi oleh mahasiswa dan Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit.


Dalam gelaran Baking Demo with Guest Lecture ini, Chef Rifai, sapaan akrabnya, menampilkan tiga kreasi cakes kekinian, yakni Chocolate Drip Cake, Checkerboard Cake dan Peanut Butter Chocolate Log Cake yang cantik dan elegan.

 

Sedangkan Chef Akhmad Rifai dari Parrot Chocolate, fokus untuk berbagi ilmu teknik membuat tiga kreasi cakes kekinian, yakni Peanut Butter Chocolate Log Cake, Checkerboard Cake dan Chocolate Drip Cake yang keren dan berkelas penampilannya bersama mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit.


Sebelum menerangkan tiga resep cakes tersebut, Chef Rifai, mengenalkan sejumlah produk unggulan dari Parrot Chocolate, seperti Coklat Bubuk Parrot Black, Parrot Pasta, Parrot Gold Meyses dan Dark Chocolate Compound.

 

”Sebetulnya Parrot Chocolate memiliki lebih dari 35 jenis varian produk coklat untuk berbagai keperluan baking mulai dari cocoa powder, chocolate compound, chocolate rice, chocolate filling, chocolate pasta, chocolate booster dan berbagai produk chocolate yang lain,” kata Branch Executive PT MAPN Robert menambahkan.

 

Demi membuat Chocolate Drip Cake yang cantik dan elegan, misalnya, sedikitnya ada tiga tahapan pekerjaan yang harus dijalani. Pekerjaan tahap pertama adalah membuat Cake (Vanilla Sponge). Bahan untuk membuat adonan Vanilla Sponge terdiri dari telur, kuning telur, gula pasir, cake emulsi, medium flour, milk powder, maizena, coklat bubuk parrot dark brown dan salad oil.


Pekerjaan tahap selanjutnya membuat Choco Cream. Bahan yang dibutuhkan untuk buat Choco Cream adalah dark chocolate parrot, whippcream powder, fresh milk dan coffee instant. Sementara itu pekerjaan untuk membuat Dripping-nya, maka bahan yang harus disiapkan meliputi dark chocolate dan fresh milk.

 

Cara membuatnya: (1). Cake, kocok semua bahan kecuali salad oil hingga mengembang dan berjejak, lalu masukkan salad oil yang sudah dihangatkan dan aduk hingga rata. Lalu cetak ke dalam loyang ukuran 18 cm dan bake di mesin oven dengan suhu 180*C selama 25 menitan hingga matang.

 

(2). Choco Cream, panaskan fresh milk dan coffee instant hingga mendidih dan masukkan dark chocolate parrot dan aduk hingga larut lalu dinginkan di lemari es hingga betul-betul dingin. Setelah dingin lalu kocok bersama whippcream powder hingga mengembang.

 

(3). Dripping, panaskan fresh milk sampai mendidih lalu masukkan dark chocolate parrot dan aduk rata, dinginkan dan buat dripping.

 

Selain diajarkan cara membuat Chocolate Drip Cake, mahasiswa Pastry Art Class yang hadir dalam Baking Demo with Guest Lecture juga dibekali teknik membuat Checkerboard Cake dan Peanut Butter Chocolate Log Cake yang cantik dan elegan.

 

Sekadar informasi, kehadiran Chef Akhmad Rifai dari PT Multi Aneka Pangan Nusantara (MAPN), produsen coklat merek Parrot Chocolate dengan tagline Delivering Your Taste, yang menjadi dosen tamu pagi itu tidak sendiri, melainkan di dampingi Branch Executive PT MAPN Robert.

 

Kedatangan dua orang tamu dari PT MAPN tersebut ke Kampus Akpar Majapahit Gedung Graha Tristar Surabaya itu disambut langsung oleh empat Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, yakni Chef Renny Savitri M.Par., Chef Lusiana, Chef Dwi Mei Retnowati S.Si dan Chef Sari Palupi S.Pd., M.MPar.

 

Dalam pengantarnya di hadapan anak didiknya, Chef Upi sapaan karibnya, mengajak segenap mahasiswa Pastry Art yang hadir hari itu untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya acara bertajuk Baking Demo with Guest Lecture Sesi Dua ini, demi melihat sejauh mana perkembangan ter-up date seputar aneka kreasi cakes modern yang lagi nge-trend akhir-akhir ini.

 

Baking demo berbasis coklat ini juga diharapkan bisa menjadi acuan sekaligus referensi bagi mahasiswa mengingat akhir bulan ini mereka akan menjalani ujian praktik,” tandas Chef Sari Palupi, saat mendampingi tamunya, Chef Akhmad Rifai.

 

”Selama proses membuat tiga kreasi cakes kekinian tersebut, ada sejumlah mahasiswa yang tampil percaya diri menjadi asisten Chef Akhmad Rifai. Saya salut kepada mereka yang berani tampil di depan bersama Guest Lecture dari Parrot Chocolate,” ujar Chef Renny Savitri M.Par., Dosen Pengajar Pastry Art Class Akpar Majapahit kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu. See you tomorrow bro & sis…!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar