twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 31 Maret 2021

Dari Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi di Laboratorium Praktik Graha Tristar Surabaya

Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi Persembahkan Aneka Kreasi Chinese Food yang Lezat

 

SEBANYAK enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Dosen Pengajar Culinary Class Chef Ari Purwantoro, mengikuti Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi untuk masal Chinese Food (Oriental Cuisines) di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (24/03/2021) pagi.

 

Mereka bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Chinese Food dan Indonesian Food, yang ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya. Durasi ujian praktik masaknya sendiri dipatok 1,5 jam sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut.

 

Oleh karena itu pada final exam hari pertama, pagi itu, empat mahasiswa yang terdiri Sam Kisendio K., Claudia Lelyana, Gabrielle Benedicta dan Erick Michael Vincent masak satu set menu masakan Chinese Food untuk jamuan makan siang.

 

Tim yang dimotori Erick tersebut tampil all out saat masak Spring Roll (Appetizer), Egg Seaweed Soup (Soup), Hainan Rice, Ayam Cabai Garam, Udang Telur Asin, Daging Sapi Lada Hitam, Cucumis Ebi dan Peach Gum (Main Course).

 

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, Erick pun berbagi tugas dengan tiga orang rekannya. Sam bertugas masak Hainan Rice dan Ayam Cabai Garam, sedangkan Claudia membuat Spring Roll dan Egg Seaweed Soup. Selanjutnya Gabriella ditugasi masak Udang Telur Asin dan Daging Sapi Lada Hitam. Erick sendiri kebagian job untuk membuat Cucumis Ebi dan Peach Gum.

 

”Untuk pekerjaan finishing-nya yakni mem-plating hasil masakan tersebut agar tampil cantik, menarik dan berkelas ala hotel berbintang, saya percayakan kepada Claudia Lelyana dan Gabriella Benedicta,” kata Erick, kepada kru www.sekolahmasak.info di sela-sela menata hasil kreasi masakannya sebelum dinilai oleh tim juri.

 

Sedangkan dua mahasiswa lainnya, yakni Rifky Alfa Hanif dan Eka Wahyu Wildani, tampil secara individual pada Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi tersebut, Rifky tampil percaya diri demi masak dua menu Chinese Food andalannya, yakni Chicken Onion with Oyster Saucde dan Yasai Itami, yang di-plating dalam satu wadah.

 

Sementara itu Eka Wahyu Wildani fokus untuk menyiapkan tiga menu masakan Chinese Food yakni Seafood Fried Rice, Enoki Mushroom Soup dan Fu Yung Hai yang lezat pada ujian praktik hari pertama tersebut.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang Dosen Pengajar Akpar Majapahit, yakni Chef Renny Savitri, Chef Sari Palupi dan Hedy W. Saleh. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Ujian praktik masak yang mengangkat tema Chinese Food (Oriental Cuisines) dan Indonesian Food tersebut untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka menu masakan Chinese Food maupun masakan khas Nusantara yang cita rasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri,

 


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar