twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 12 Maret 2021


Lezatnya Chicken & Salted Egg Porridge, Broccoli Seafood dan Mapo Tofu, Menu Chinese Food ala Hotel Berbintang

 

PRAKTIK masak Oriental Cuisines masih terus berlanjut. Pada tatap muka hari kelima, Selasa (09/03/2021) pagi, mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, yang sehari-hari dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., kembali diajarkan teknik masak tiga menu Oriental Cuisines ala hotel berbintang, yakni Chicken & Salted Egg Porriedge, Broccoli Seafood dan Mapo Tofu, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 12 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi tiga tim untuk masak tiga menu masakan Oriental Cuisines. Masing-masing tim hanya kebagian tugas masak satu resep. Hasil kreasi masakan masing-masing tim disajikan di hadapan Chef Nadya Ratri Aryani, untuk selanjutnya dikritisi dari tiga aspek yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan citarasanya.

 

Baik Tim 1 (Jeny dkk), Tim 2 (Richard dkk) maupun Tim 2 (Jonathan cs), sama-sama tampil all out saat memasak Chicken & Salted Egg Porriedge, Broccoli Seafood dan Mapo Tofu. Tim 1 kebagian tugas membuat Chicken & Salted Egg Porriedge.

 

Tim 1 yang beranggotakan empat orang mahasiswa kebagian tugas masak Chicken & Salted Egg Porriedge sibuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, mulai rice, chicken stock, salt, chicken breast, salted egg, wonton skin, tong jae, spring onion, cakwee, pithan egg hingga wedges.

 

Untuk memasaknya, maka rice dibersihkan dulu sebelum di-boiling dan di-styr fry bersama chicken stock dan tambahkan garam dan seasoning secukupnya, hingga nasinya nge-soft. Sedangkan chicken breast yang telah di-small dice lalu di-cook bersama water hingga reduce tinggal separonya, Saat nge-cook chicken tersebut tambahkan juga salted egg yang sudah di-chop, tong jae, spring onion yang telah di-slice, cakwee juga sudah di-slice, pithan egg dan wedges.

 

Sementara itu empat mahasiswa anggota Tim 2 juga tampil penuh semangat saat menyiapkan menu Broccoli Seafood yang superlezat di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk masak Broccoli Seafood adalah broccoli, prawn, cuttlefish, hioko, garlic, soy sauce, oyster sauce, Chinese wine, chicken stock, thickening berupa sesame oil, salt, sugar dan pepper (seasoning)-nya.

 

Untuk memasaknya, broccoli flowers di-blanching hingga setengah layu bersama prawn dan cuttlefish yang sudah dibersihkan lebih dulu. Masukkan juga irisan tipis hoiko yang sebelumnya sudah di-boiling dan di-slice hingga setengah matang.

 

Garlic yang sudah di-mince lalu di-saute bersama soy sauce, oyster sauce, Chinese wine, baru broccoli flowers, hoike, prawn dan cuttlefish dimasak bareng. Jangan lupa Anda tambahkan chicken stock, thickening (sesame oil), sugar, salt dan pepper demi meningkatkan taste-nya. Broccoli Seafood pun siap disajikan.

 

Menu masakan yang ketiga, Mapo Tofu, dipercayakan kepada empat orang mahasiswa yang menjadi personel Tim 3. Demi membuat Mapo Tofu yang lembut, maka bahan yang wajib disiapkan adalah garlic (di-mince), ginger (di-mince atau di-grated lebih dulu), ground chicken, beancurd, szechuan peppercorn, water, hot bean sauce, soy sauce, sesame oil, green onion, salt, pepper, sugar dan cornstarch.

 

Garlic dan ginger di-saute dengan menambah sedikit minyak goreng atau vegetable oil lebih dulu hingga keluar aroma harum. Lalu masukkan beancurd yang sudah di-small dice dan tambahkan juga seasoning-nya.

 

Setelah itu masak juga szechuan peppercorn, water, hot bean sauce, sesame oil dan green onion yang telah di-slice sebelumnya, kemudian tambahkan salt, pepper dan sugar secukupnya. Cornstrach pun bisa juga Anda tambahkan sedikit dalam masakan tersebut agar tampilan Mapo Tofu saat dihidangkan nantinya tampak lebih kental.

 

Sebagai pekerjaan terakhir, maka masing-masing tim diminta mem-plating hasil kreasi masakannya sebelum disajikan di meja display untuk dinilai oleh Chef Nadya Ratri Aryani. Kelezatan masakan legendaris Chinese Food tidak bohong Bro & Sis …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar