twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 31 Maret 2021

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Continental Cuisines Bersama Chef Thomas

Mahasiswa Culinary Art Tampilkan ’Chicken Cordon Bleu, French Onion Soup, Beef Stronganoff dan Quiche Lorraine’ ala Hotel Berbintang

 

MAHASISWA Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Siang yang dibimbing Chef Thomas Denny, kembali menampilkan empat kreasi masakan Continental Cuisines, yakni Chicken Cordon Bleu, French Onion Soup, Beef Stronganoff dan Quiche Lorraine ala hotel berbintang, Rabu (24/03/2021) siang. Praktik masak hari ke-11, siang itu, dilaksanakan di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Tampilan berkelas ala hotel berbintang dari hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class itu tidak lepas dari dukungan penuh Chef Thomas Denny, yang mengajak anak didiknya untuk tampil percaya diri ketika masak empat menu Western Food sejak prepare bahan masakan, memroses masakan tersebut hingga mem-plating empat kreasi masakan tersebut sebelum disajikannya di meja display.

 

”Saya terus mengawal mahasiswa Culinary Art Class saat praktik di kitchen, sejak prepare bahan masakan hingga mem-plating empat kreasi masakan Continental Cuisines ini agar penyajiannya sekelas hotel berbintang atau setara kapal pesiar mewah di luar negeri,” kata Chef Thomas, kepada kru www.sekolahmasak,info di ruang kerjanya, Rabu (24/03/2021) siang, pekan lalu.


Chef Thomas selalu sentuhan akhir pada setiap plating-an agar tampilannya elegan dan berkelas, Ketrampilan itu selanjutnya di-sharing-kan kepada anak didiknya. Kiat itu ditunjukkan Chef Thomas ketika memberikan contoh bagaimana teknik mem-plating masakan Chicken Cordon Bleu yang elegan dan berkelas ala hotel berbintang.

 

Sementara itu demi memudahkan pekerjaan di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Chef Thomas pun kembali membagi tujuh mahasiswa Culinary Art Class menjadi dua tim masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Setiap tim kebagian tugas masak empat menu masakan Continental Cuisines (European Food).


Masing-masing tim pun berupaya tampil penuh percaya diri saat masak empat menu Continental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang atau restoran ternama di Surabaya. Menu masakan yang pertama adalah membuat Chicken Cordon Bleu.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas chicken breast, smoked beef, cheddar cheese, flour, salt dan blackpepper (untuk taste), egg, bread crumb, flour, demiglaze, water dan blackpepper.

 

Selanjutnya masak French Onion Soup. Untuk membuat menu masakan yang satu ini, maka bahan masakan yang wajib disiapkan adalah onion, butter, beef stock, chicken stock, thyme, salt & pepper, French bread, garlic, salt + pepper lalu oven dan cheddar cheese di-slice.

 

Setelah masak Chicken Cordon Bleu dan French Onion Soup, giliran menu ketiga yang siap diolah mahasiswa Culinary Art Class adalah Beef Stronganoff, sedangkan menu masakan yang terakhir berupa Quiche Lorraine.

 

Untuk membuat Beef Stronganoff, bahan yang dibutuhkan antara lain tenderloin, butter, onion, mushroom, demiglaze, cream, Dijon mustard (dicampur saat memanasi tenderloin yang sudah di-slice), parsley (di-chop dulu sebelum dipakai untuk topping-annya), salt & pepper.

 

Menu yang terakhir adalah Quiche Lorraine. Untuk memasak Quiche Lorraine ala hotel berbintang, maka bahan-bahan yang wajib disiapkan adalah bread flour, salt, butter, egg, smoked beef, onion, butter, milk, egg, cheese, salt & pepper di-mix dan ditambah seasoning agar taste-nya sesuai harapan.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar empat menu masakan Continental Cuisines yang fenomenal itu tampil elegan dan berkelas,” tandas Chef Thomas Denny, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, pekan lalu.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar