twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 11 April 2021

Keseruan Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Ari Purwantoro

Watercress with Peking Sauce, Chow Mein Beef dan Garoupa in Tausi, Tiga Menu Chinese Food yang Berkelas

 

OLEH Chef Ari Purwantoro, mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi, kembali dibekali teknik masak tiga menu Oriental Cuisines yang berkelas. Tiga menu Chinese Food itu adalah Watercress with Peking Sauce, Chow Mein Beef dan Garoupa in Tausi. Praktik masak hari kesembilan tersebut dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (18/03/2021) pagi.

 

Untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan di kitchen, sepuluh mahasiswa Culinary Art Class yang hadir siang itu dibagi tiga tim kecil masing-masing beranggotakan 3-4 orang. Setiap tim kebagian tugas masak satu menu masakan Oriental Cuisines (Chinese Food). Durasi untuk masak tiga menu tersebut tidak lebih dari satu jam.

 

Makanya masing-masing tim berupaya tampil penuh semangat saat masak menu Oriental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang dan restoran terkenal di Surabaya. Tim 1 (Bidara dkk) kebagian tugas masak menu yang pertama yakni Watercress with Peking Sauce.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas watercress (selada air), red chili, ginger, salt, pepper, chicken stock, sesame oil, Chinese wine, dried shrimp, dried chili dan garlic.  Cara memasaknya, garlic di-chop lebih dulu baru di-saute bersama dried chili hingga mengeluarkan aromanya harum.


Lalu masukkan dried shrimp, red chili yang sudah dipotong julience, ginger, salt & pepper. Selanjutnya masukkan watercress serta tambahkan juga chicken stock, sesame oil dan chinese wine. Angkat jika olahan Watercress with Peking Sauce tersebut sudah matang dan kuah bumbunya sudah reduce tinggal 5-10 persennya saja.


Untuk menyajikannya, Watercress with Peking Sauce dimasukkan ke dalam mangkok keramik atau piring lalu di-garnish dengan memanfaatkan parslef leaf, tomato cherry atau red chili dan udang sebagai topping-nya. Nah, tampilan masakan tersebut kini tampak keren!


Sedangkan Tim 2 (Michelle Aurellia cs) yang ditugasi untuk masak Chow Mein Beef pun tampil antusias saat bekerja di hot kitchen. Untuk ini mereka bekerja all out menyiapkan bahan masakan yang meliputi beef, sweet soy sauce, chili sauce, chinese wine, egg noodle, oil, button mushroom, bean sprout, red paprika, spring onion dan garlic.

 

Untuk memasaknya, onion yang sudah dipotong julience dan garlic di-saute lebih dulu hingga mengeluarkan aroma harum. Lalu masukkan beef yang sudah dibersihkan dan dipotong seukuran dadu dimasak hingga empuk.


Selama proses memasak Chow Mein Beef, masukkan juga spring onion, red paprika (juga sudah dipotong bentuk persegi kecil), bean sprout, button mushroom, oil, egg noodle, lalu tambahkan chili sauce, chinese wine dan sweet soy sauce. Aduk sampai merata dan diamkan hingga olahan tersebut masak sempurna.

 

Sebelum diangkat, cicipi dulu taste-nya dan selanjutnya Chow Mein Beef tersebut siap untuk disajikan, jika sudah di-garnish dengan memanfaatkan parsley leaf, red chili yang sudah di-slice dan ornament lain sebagai hiasannya.

 


Sementara itu empat mahasiswa anggota Tim 3 (Stefanus Erlangga dkk), tampil solid demi menuntaskan menu terakhir yakni Garoupa in Tausi. Bahan-bahan yang diperlukan untuk masak Garoupa in Tausi terdiri atas fresh garoupa (ikan kakap segar), tausi, garlic, oyster sauce, light soy, chicken stock, seasoning dan tambahkan juga dengan salt, pepper & sugar untuk memperoleh taste yang diiginkan. Good jobs bro & sis …!


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar