twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 22 April 2021

Keseruan Belajar Teknik Dasar Pengolahan Roti Bersama Chef Dwi Mei Retnowati

Mahasiswa Pastry Art, Praktik Buat Japanese Soft Bread, Doughnut, Twist Bread 3 Strand dan Chicken Char Siu, Empat Kreasi Bread Legendaris


MAHASISWA Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi kembali diajarkan Chef Dwi Mei Retnowati Teknik Dasar Pengolahan Roti, dengan membuat empat kreasi breads yang legendaris dengan tampilan kekinian, yakni Japanese Soft Bread, Doughnut, Twist Bread 3 Strand dan Chicken Char Siu, di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Selasa (13/04/2021) pagi.


Praktik hari kedua itu dihadiri 12-an mahasiswa Pastry Art Class. Mereka antusias bekerja di kitchen demi membuat empat kreasi breads sesuai job desk yang diberikan Chef Mei, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit tersebut.

Setiap tim berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating empat kreasi breads itu, hasil kreasi masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh Dosen Pembimbing.

Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Mei. Tim 1 (Dio dkk), misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di kitchen demi membuat Japanese Soft Bread yang cantik, menarik dan berkelas.

Begitu juga dengan Tim 2 (Melissa dkk), yang kebagian tugas membuat kreasi Doughnut dengan tiga varian topping yakni Chocolate, Cheese dan Cashewnut, tampil kompak saat bekerja di kitchen.

Sedangkan Tim 3 (Tio dkk) tampil penuh semangat ketika bekerja di kitchen demi mempersembahkan Twist Bread 3 Strand ala hotel berbintang. Sementara itu tiga mahasiswa anggota Tim 4 (Zulkarnaen dkk) dan Tim 5 berjibaku di kitchen demi membuat Chicken Char Siu, salah satu kreasi bread yang legendaris dengan citarasa gurih (savoury taste).

Untuk membuat Japanese Soft Bread, misalnya, Tim 1 prepare bahan yang terdiri dari komachi flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, water, ice cube, fresh milk dan butter unsalted (anchor/orchid).

Adonan Japanese Soft Bread yang sudah kalis dimasukkan loyang persegi ukuran 18x18 cm2 kemudian diberi filling berupa cheddar cheese dan chocolate rice. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat sampai mengembang dan permukaan atasnya diolesi dulu dengan campuran milk powder dan water, barulah di-bake pada suhu 180*C selama 15-20 menitan.

Sementara itu tiga mahasiswa anggota Tim 2 juga bahu-membahu membuat Doughnut tiga varian topping yakni chocolate, cheddar cheese dan cashewnut. Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat adonan Doughnut adalah komachi flour, yeast, sugar, milk powder, salt, bread improver, vanilla milk paste, egg yolk, whipped cream anchor, fresh milk, ice cube dan butter salted.

Adonan Doughnut yang sudah kalis kemudian dibentuk bulatan @ beratnya 30-35 gram. Doughnut setengah jadi itu lalu ditaruh di atas loyang persegi dan didiamkan beberapa saat hingga mengembang sempurna. Setelah itu penggorengan dengan pengapian kecil (dip fry) tunggu sekitar 12-15 menitan Doughnut itu baru di-fried.

Doughnut yang sudah matang dan ditiriskan minyaknya, kemudian diberi topping-an berupa chocolate, cheddar cheese dan cashewnut, sehingga tampilannya makin keren Ketika disajikan di atas meja display produk pastry.

Tidak mau kalah dengan tim lain, maka anggota Tim 3, Tim 4 dan Tim 5 pun harus berjibaku di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Twist Bread 3 Strand dan Chicken Char Siu, dengan tampilan kekinian. Good jobs Bro & Sis …!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar