twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 13 April 2021

Dari Final Exam Hari Pertama Sesi Siang di Laboratorium Praktik Graha Tristar

Mahasiswa Pastry Art yang Diasuh Chef Renny Angkat Kue Tradisional hingga Cake Modern pada Ujian Praktik


MAHASISWA Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Siang yang sehari-hari diasuh Chef Renny Savitri mengangkat Kue Tradisional hingga Cake Modern pada Final Exam Hari Pertama Sesi Siang, di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (24/03/2021) siang.


Kepastian itu setelah mereka mengikuti undian beberapa hari sebelumnya. Mau tidak mau, suka tak suka, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit yang dibimbing Chef Renny diminta membuat kreasi produk pastry sesuai hasil undian. Produk pastry yang dibuat mahasiswa selama ujian praktik tersebut, materinya sudah diajarkan semua oleh dosen pengajar.

 

Final Exam Hari Pertama secara individual, siang itu, diikuti enam mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Siang. Mereka adalah Viriya L., Dea Iswari Salsabila, Aprilianty Dewi, Bachtiar Wahyudinata dan Bayu Angger Kusuma.

 

Selama ujian berlangsung siang itu, Viriya sapaan akrab mahasiswi berkaca mata asal Surabaya itu berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi kue tradisional yang bertajuk Kue Wajik Pandan yang berasa manis (sweet taste).

 

Sedangkan Dea Iswari Salsabila fokus membuat kreasi bread kekinian yang diberi titel Pumpkin Cinnamon Bread. Begitu juga dengan Aprilianty Dewi yang tampil antusias demi menyiapkan kreasi unggulannya yang diberi nama Spinach Feta Pinwheels yang gurih rasanya (savoury taste).


Selanjutnya yang tampil adalah Bachtiar Wahyudinata. Mahasiswa Pastry Art yang akrab dipanggil Bachtiar itu berupaya keras membuat kue tradisional andalannya dengan mengusung tema Talam Gula Merah. Kue tradisional yang berasa manis (sweet savoury).

 

Sementara itu Bayu Angger Kusuma, yang akrab disapa Bayu itu tampak sedang berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat bread yang diberi nama Sweet & Sour Sausage Bread. Tak mau kalah dengan rekannya, peserta terakhir ini juga antusias menyiapkan kreasi cake kekinian yang bertajuk Wafer & Sticky Pink in Snow White Cake.

 

Durasi ujian praktik secara individual di Laboratorium Praktik Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar itu dipatok 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasinya masing-masing. Oleh karena itu, setiap peserta ujian harus jeli dalam manajemen waktu agar tidak sampai overtime.


Kreasi produk pastry mahasiswa Pastry Art Class yang mengikuti Final Exam Hari Pertama Sesi Siang itu diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Dewi Mariyanah, Chef Sari Palupi dan Chef Lusiana, Dosen Pengajar dari Tristar Group


”Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa, seperti yang biasa diterapkan di industri perhotelan,” tandas Chef Upi, sapaan akrab Chef Sari Palupi, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar