twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 30 April 2021

Belajar Front Office Basic Knowledge sesuai Standar Industri Perhotelan

Best Western Papilio Hotel Surabaya Bekali Mahasiswa Culinary Art Class Sistem Kerja Front Office


SEBANYAK 30-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-Pagi dibekali pengetahuan praktis seputar sistem kerja Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan oleh Khairul Anam, Room Division Manager (RDM) Best Western Papilio Hotel Jl. A. Yani No. 176-178 Surabaya, Kamis (29/04/2021) sore.


Rombongan mahasiswa tersebut dipimpin Kaprodi Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par dengan di dampingi Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen Front Office Akpar Majapahit dan tim Multimedia Tristar Group.


Kunjungan industri itu bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada mahasiswa saat mereka belajar FO di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan. Sekalipun mereka selama ini banyak berkutat di kitchen kampus, tapi tidak ada salahnya jika mereka juga dibekali pengetahuan seputar Front Office (FO).


Kedatangan rombongan mahasiswa baru Pastry Class Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya, pagi itu, disambut oleh Front Office Manager (FOM) Best Western Papilio Hotel rand Khairul Anam dan Assn. Food & Beverage Manager (FBM) Ade Rizky Fajar.


Pembekalan materi Front Office Basic Knowledge itu mengambil tempat di Vandepoli Room, Lantai 1 (Lobby Area) Best Western Papilio Hotel Surabaya. Materi Front Office Basic Knowledge tersebut disampaikan langsung oleh Room Division Manager (RDM) Khairul Anam. Sedangkan R. Paulus W. Soetrisno dan Hardhita Kusdharyanto sendiri proaktif mendampingi mahasiswa mengikuti presentasi yang dibawakan pihak hotel.

Dalam pengantarnya, Dosen Front Office Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par mengatakan, pembelajaran Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan Dosen Pengajar selama mereka belajar di kelas.

“Dengan demikian anak didik kami punya pemahaman sama dalam menyikapi mata kuliah Dasar-dasar Front Office dengan pernak-perniknya, setelah nantinya mereka bekerja di industri perhotelan,” kata Didiet, sapaan akrabnya.

Selanjutnya, dalam pemaparannya di hadapan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit, Room Division Manager (RDM) Khairul Anam mengatakan, dirinya terdampar di Front Office Department bukan kebetulan, karena sebelum lulus kuliah dulu, dirinya juga berlatar belakang Food & Beverage Product (FBP).

Namun setelah bekerja di Hospitality Industry, malah dirinya ditempatkan di garda depan sebagai staff FO ketika pertama kali bekerja di Lombok, Begitu juga saat mencari tantangan baru di Pakuwon Group Surabaya, dirinya kembali ditempatkan di bagian ujung tombak sebagai penerima tamu.

Kepiawaiannya berkomukasi dengan bahasa asing, penampilan kalem dan wajah mirip bule inilah yang mengantarkannya bergabung dengan manajemen Best Western Papilio Hotel Surabaya. Awalnya duduk sebagai Assistant Front Office Manager (Assn. FOM), FOM hingga saat ini menjabat Room Division Manager (ROM) di hotel bintang empat milik PT Wijaya Karya (WIKA) Realty tersebut.

Di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.

Di ruang depan lobi hotel bintang empat itu, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel (termasuk untuk pemegang Member Card). Di lobi hotel itu tersedia sofa dan meja untuk tamu, meja welcome drink & fresh towels, charger box dan pastry corner yang menyediakan aneka kue dan roti fresh from the oven. Sedangkan kotak-kotak penyimpanan kunci kamar, titipan surat-surat dan dokumen penting lainnya berada di belakang sfaff FO berdiri melayani tamu hotel.

Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuan receptionist, bell boy, bell captain dan doorman.

Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.

Di kantor depan tersebut, Anda akan bertemu front office cashier (kasir kantor depan). Kasir yang ditempatkan di kantor depan hotel untuk menerima pembayaran rekening tamu. Penanggung jawab di kantor depan hotel dipercayakan kepada seorang front office manager atau kepala kantor depan.

Di area depan sebuah hotel, Anda juga bisa menjumpai fasilitas yang disebut front of the house, yakni bagian dari suatu hotel tempat tamu secara langsung dilayani, seperti  front office, restaurant dan bar.

Mengingat begitu tertatanya sistem kerja di Front Office (FO) suatu hotel, maka kemampuan berkomunikasi antarpersonal menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kinerja sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out.

”Keramahtamahan petugas front office sebuah hotel menjadi suatu keniscayaan karena bisnis hotel adalah bisnis jasa yang lebih mengedepankan pelayanan. Makanya, kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa utama pergaulan internasional, wajib hukumnya bagi petugas front office,” terang Khairul Anam.

FO Section di Best Western Papilio Hotel dibagi dalam lima seksi, yakni Reservation Section, Reception Section, Cashier Section, Telephone Operator Section dan Concierge Section. FO section menjadi ujung tombak hotel untuk melayani tamu yang datang mulai Private, Gouverment, Corporate, Travel Agents (Offline Travel Agent seperti Kaha Tour) dan Online Travel Agent seperti Traveloka).

Sebelum presentasi Front Office Basic Knowledge diakhiri, Khairul Anwar membuka sesi tanya jawab seputar suka suka kerja di Front Office hotel berbintang. Kuncinya adalah mematuhi Standard Operation Procedure (SOP), mampu berkomunikasi dengan baik dan mendengarkan keluhan tamu.

”Pasalnya, staff FO itu yang paling awal bersentuhan dengan tamu saat check in hotel dan paling akhir melayani tamu yang akan check out,” katanya saat membagikan pengalamannya kepada mahasisma Culinary Art Class Akpar Majapahit.

Setelah mengikuti presentasi Front Office Basic Knowledge di Vandepoli Room, rombongan mahasiswa diajak ke Mariposa Restaurant di Lantai 7 Best Western Papilio Hotel untuk menikmati lezatnya aneka menu buka puasa bersama. Hmm asyiknya…!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar