twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 12 Juni 2021

Aksi Seru Belajar Teknik Dasar Pengolahan Roti Bersama Chef Dwi Mei Retnowati

Mahasiswa Pastry Tampil All Out Buat Montecristo Roll Bread, Cornet Beef Roll Bread, Cheese Smoke Pillow Bread dan Red Bean Bread yang Keren


JELANG Liburan Idul Fitri 13-14 Mei 2021 lalu, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi masih diajarkan Chef Dwi Mei Retnowati tentang Teknik Dasar Pengolahan Roti Enriched. Mahasiswa all out belajar membuat empat kreasi breads dengan tampilan kekinian, yakni Montecristo Roll Bread, Cornet Beef Roll Bread, Cheese Smoke Pillow dan Red Bean Bread. Praktik mahasiswa tersebut digelar di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Selasa (04/05/2021).


Praktik hari terakhir membuat aneka kreasi bread itu dihadiri 10 mahasiswa Pastry Art Class. Mereka antusias bekerja di kitchen demi membuat empat kreasi breads sesuai job desk yang diberikan Chef Mei, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit tersebut. 


Dan yang membanggakan, hasil kreasi anak didik Chef Mei itu diapresiasi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R Paulus W. Soetrisno M.Par bersama tamunya dari Cleo Hotels Surabaya Juanda, demi melihat aktivitas mahasiswa di Kitchen Pastry di Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Seperti biasanya, setiap tim berupaya tampil all out di hadapan dosen pengajar demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating lima kreasi sweet bread itu, hasil kreasi masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh Dosen Pembimbing.

Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Mei. Tim 1 (Dio dkk), misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di kitchen demi membuat Montecristo Roll Bread yang cantik, menarik dan berkelas.

Begitu juga dengan Tim 2 (Mellisa dkk), yang kebagian tugas membuat kreasi Cornet Beef Roll Bread. Mahasiswa anggota Tim 2 tersebut tampil penuh percaya diri saat bekerja di kitchen modern Graha Tristar.

Sedangkan Tim 3 (Tio dkk) tampil penuh semangat ketika bekerja di kitchen demi mempersembahkan Cheese Smoke Pillow Bread yang gurih rasanya (savoury taste). Sementara itu dua mahasiswa anggota Tim 4 (Febiola dkk) all out membuat Red Bean Bread yang berasa manis (sweet taste).

Untuk membuat Montecristo Roll Bread, misalnya, Tim 1 prepare bahan yang terdiri dari bread flour (Cakra Kembar), medium flour (Segitiga Biru), yeast, sugar, egg, milk powder, salt, cold water dan tambahkan juga shortening secukupnya.

Adonan Montecristo Roll Bread yang sudah kalis dimasukkan loyang persegi ukuran 13 x 13 x 28 cm3 kemudian diberi filling berupa smoke beef, cheese slice melt, egg dan bread crumb. Lalu adonan itu didiamkan di dalam proofer selama 60 menitan sampai mengembang, barulah di-bake pada suhu 190*C selama 40-45 menitan.

Sementara itu dua mahasiswa anggota Tim 4 juga bahu-membahu membuat Red Bean Bread yang berasa gurih (sweet taste). Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat adonan Red Bean Bread adalah bread flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg, water, butter dan margarine.

Adonan yang sudah kalis (lalu diisi dengan red bean filling dan permukaan atasnya ditaburi white sesame seed), kemudian di-proofer selama 60 menitan, sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 15-20 menitan. Selama nge-bake maka durasinya wajib dikontrol ketat agar tidak sampai overbake.

Selanjuitnya, mahasiswa juga diminta membuat filling dan menyiapkan washing-nya. Untuk membuat filling-nya, maka bahan yang dibutuhkan adalah red bean filling dan white sesame seed, sedangkan washing-nya sendiri menggunakan milk powder + water.

Sedangkan anggota Tim 2 dan Tim 3 pun berusaha untuk tampil sebaik mungkin di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Cornet Beef Roll Bread dan Cheese Smoke Pillow Bread dengan tampilan modern kekinian. Good jobs Bro & Sis …!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar