twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 30 Juni 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya

Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Diuji Buat Kreasi Bread dan Cakes Kekinian yang Keren 


PADA final exam hari pertama, Selasa (29/06/2021) pagi, enam mahasiswa Pastry Art IAkpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Lusiana, mengikuti ujian praktik secara individual yang mengangkat tema Bread Creation dan Cake kekinian. Final exam tersebut dihelat selama dua hari di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada final exam hari pertama, Selasa (29/06/2021) pagi, enam mahasiswa.  yakni Rio Damara Hergantara, Ni Luh Putu S.W., Tio Nanda Nicosza, Mellisa Sandra Alliani, Dina Tharissa Pramesti dan Cilya Ardianto, sudah prepare di kitchen sejak pukul 08.00 WIB.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Class itu berdurasi tiga jam, sejak prepare bahan roti/kue, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasinya di meja display yang sudah disiapkan mahasiswa bersama Chef Mei dan Chef Lusiana.

 

Dalam final exam tersebut, Rio Damara Hergantara ttampil antusias demi menyiapkan cake hasil kreasinya yang diberi nama Chicken Curry Cream Pita Pocket. Sedangkan Ni Luh Putu S.W., harus berjibaku demi membuat kreasi bread andalannya yang bertema Caramel Popcorn Bread.

 

Sementara itu Tio Nanda Nicosza berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi cake unggulannya yang diberi nama Strawberrry Short Cake with Pie & White Chocolate dan Mellisa Sandra Alliani fokus membuat kreasi bread yang diberi titel Garlic Beef Blin with Metai Sauce.

 

Sedangkan Dina Tharissa Pramesti dan Cilya Ardianto, tampil penuh percaya diri demi mempersembahkan dua kreasi bread kekinian yang berkelas, yakni Caramel Apple Sticky Braid dan Blackburn Burger with Cheese Sauce.

 

Menurut Dosen Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati, durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar itu dipatok sekitar tiga jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating aneka kreasi bread dan cake dengan tampilan kekinian tersebut. Para peserta final exam harus pandai memanfaatkan waktu agar hasil pekerjaannya di kitchen bisa meksimal.

 

Hasil kreasi enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi itu dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Sari Palupi dan Dewi Mariyanah. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa.

 

”Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Mei, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Selasa (29/06/2021) siang.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar