twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 25 Juni 2021

Dari Acara Cruise Cooking Practical with Chef di Best Western Papilio Hotel Surabaya

Chef Suro Apresiasi Kerja Cerdas Mahasiswa Tristar Cruise Manyar E Class Masak Satu Set Menu untuk Fine Dining 


PADA pertengahan Juni 2021, tepatnya hari Selasa (15/06/2021) pagi, sebanyak 18-an mahasiswa Tristar Cruise Manyar E Class giliran yang masak satu set menu untuk jamuan makan resmi ala Fine Dining. Penugasan itu menyukseskan gelaran acara visit hotel bertajuk Cruise Cooking Practical with Chef Suro Hartoyo, di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Surabaya.


Kunjungan industri mahasiswa Tristar Cruises di hotel bintang empat di Kawasan Surabaya Selatan tersebut dititikberatkan pada kegiatan praktik masak empat menu lengkap untuk acara jamuan makan resmi ala hotel berbintang. Kedatangan rombongan mahasiswa itu bersama Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Food Service Tristar Group Peter ST.

Sementara itu, agenda set up meja makan untuk acara jamuan makan resmi ala Fine Dining, di-handle langsung oleh sejumlah kru hotel di bawah arahan langsung dari Manager Food & Beverage Service (FBS) Ade Fajar Rizky.

Sebelum bekerja di Kitchen Mariposa Restaurant, mahasiswa di-briefing lebih dulu oleh Chef Suro Hartoyo yang sehari-hari menjabat sebagai Executive Chef Best Western Papilio Hotel Surabaya bersama F&B Director Rudy Hartono.

18 mahasiswa Tristar Cruise Manyar E Class dibagi empat tim. Tim 1 (Felix Hadenata dkk) kebagian tugas masak Crispy Lettuce with Grilled Fish Orange Dressing (Salad/Appetizer), sedangkan Tim 2 (Michelle Aurellia cs) ditugasi Chef Suro Hartoyo membuat Cream Chicken Corn Soup (Soup).

Selanjutnya Tim 3 (Johan Tan dkk) dipercaya masak Chicken Grill & Mas Potato with Mushroom Sauce (Main Course) dan Tim 4 (Hergantara Rio cs) mendapat tugas membuat Mille Fille with Vla (Dessert)-nya.

”Masing-masing tim saya minta tampil all out selama 90 menit di kitchen hotel. Setiap anggota tim bisa berbagi tugas sesuai job desk dan tetap solid sebagai sebuah teamwork sejak prepare bahan, masakan, lalu proses memasaknya hingga mem-plating masakan tersebut,” kata Chef Suro Hartoyo di hadapan mahasiswa Tristar Cruise Manyar E Class.

Suasana di kitchen pagi itu cukup tegang karena Chef Suro sejak awal sudah mengingatkan personel masing-masing tim untuk berbagi tugas sesuai job desk-nya mengingat durasi masak tersebut hanya dipatok 90 menit. Berarti komunikasi antaranggota tim harus benar-benar efektif dan efisien. ”Tidak ada waktu untuk ngobrol sendiri saat kalian bekerja di kitchen,” tandasnya.

Untuk menjembatani aksi seru mahasiswa saat praktik masak di kitchen hotel, Chef Suro Hartoyo juga menugaskan empat kru kitchen hotel, demi menyupervisi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Salad/Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert agar kerja mereka betul-betul efektif dan efisien.

Profesionalitas masing-masing anggota tim pun dinilai, karena pihaknya ingin melihat siapa saja yang punya potensi sebagai calon leader dan siapa yang hanya bermain aman sebagai follower. Makanya setiap personel dalam satu tim harus punya integritas dan responsibilitas agar kinerja tim tersebut mendapat apresiasi.

”Kekompakan antarpersonel dalam satu tim maupun antartim yang bertugas di kitchen punya peranan penting demi suksesnya kerja di kitchen secara keseluruhan dalam sebuah organisasi Food & Beverage Product di hotel berbintang,” di sela-sela mengawasi pekerjaan mahasiswa yang sedang praktik masak di kitchen.

Apa yang disampaikan Chef Suro Hartoyo juga diamini oleh Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group, R. Paulus W. Soetrisno. Teamwork yang solid saat mereka bekerja di kitchen hotel menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfaction) yang saat itu pesan makanan di restoran hotel tersebut.

Setelah tampil all out di Kitchen Mariposa Restaurant selama 90 menit, sekarang giliran 18 mahasiswa itu menikmati hasil masakannya yang dikemas untuk jamuan makan resmi ala Fine Dining. Penampilan masakan yang disajikan, tekstur dan rasanya bisa saling dikritisi oleh anggota masing-masing tim.

Dan menariknya, Chef Suro uga memberikan voucher makan gratis di Bantimurung Casfe & Resto Lantai 8 Best Western Papilio Hotel bagi salah satu tim yang mendapat nilai terbaik dari aspek teamwork, leadership, on time performance serta hasil kerjanya bersih dan rapi. Good jobs Bossque. Selamat dan sukses Bro & Sis…!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar