twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 15 Juni 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Continental Bersama Chef Ari dan Chef Thomas

Mahasiswa Culinary Art Tampilkan Prawn Mushroom Cannelloni in Basil Creame & Fritto Misto with Tar-Tar Dressing yang Elegan dan Berkelas

 

KEHEBOHAN praktik masak olahan fish & seafood bersama Chef Ari Purwantoro (Kelas A-1) Siang dan Chef Thomas Denny (Kelas A-2 Pagi) bergulir kembali seperti biasanya. Kali ini giliran mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang, diajarkan masak dua menu Italian Food yang legendaris, yakni Prawn Mushroom Cannelloni in Basil Creame dan Fritto Misto with Tar-Tar Dressing, di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (25/05/2021).

 

Dua menu masakan Italian Food yang dipraktikkan mahasiswa Culinary Art Class itu termasuk dalam kelompok Continental Cuisines (Western Food), Prawn Mushroom Cannelloni in Basil Creame itu merupakan olahan udang goreng yang sudah ditepungi dan disajikan bersama saus Basil Creame yang gurih. Proses memasaknya mengadopsi metode sautee & rolled.


Sedangkan Fritto Misto with Tar-Tar Dressing tampilannya sekilas mirip Lumpia Semarang, Sebelum Fritto Misto disajikan lengkap bersama Tar-Tar Dressing yang diguyurkan di atas permukaan Fritto Misto, maka makanan itu di-bake dulu pada suhu 180*C selama 10-15 menitan (proses masaknya menggunakan metode deep frying).


Sementara itu bahan untuk membuat filling-nya Fritto Misto berupa snapper, cuttle fish, onion, salt & pepper, flour, baking powder, baking soda, garlic powder dan parsley yang sudah di-chop sebelumnya. Sebelum disajikan, mahasiswa juga diminta membuat Tar-Tar Dressing, dengan menggunakan metode chopped & stirring. Tar-Tar Dressing merupakan salah satu jenis saus yang bahannya terdiri dari dill pickle, onion, capers, mayonnaise dan parsley.


”Dua menu Italian Food legendaris ini dihidangkan dengan tampilan yang elegan dan berkelas ala restoran terkenal di sebuah hotel bintang lima,” kata Chef Thomas Denny, ketika mendampingi anak didiknya mem-plating masakan Eropa di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Rabu (25.05/2021) pagi.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, pagi itu, Chef Thomas lalu membagi 12 orang anak didiknya dalam dua tim, Masing-masing tim kebagian tugas masak dua menu Italian Food tersebut hingga mem-plating-nya. Kedua tim diadu dalam Cooking Battle untuk melihat tim mana yang terbaik dari sisi tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasanya.


Kesibukan kerja di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar juga ditunjukkan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Siang yang dibimbing Chef Ari Purwantoro. Bedanya dengan anak-anak Kelas A-2 Pagi, mereka tidak diadu ala Cooking Battle, tetapi cukup berbagi tugas menjadi tiga tim.


Tim 1 ditugasi oleh Chef Ari masak Prawn Mushroom Cannelloni in Basil Creame, sedangkan Tim 2 dan Tim 3 dipercaya untuk membuat Fritto Misto dan Tar-Tar Dressing, seperti panduan Buku Ajar (Silabus).


“Durasi masaknya dipatok 1,5 jam sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya dalam satu tampilan, sebelum dua menu tersebut disajikan di atas meja display produk untuk kami nilai dan kritisi. Selain itu, kami juga apresiasi mahasiswa yang berani tampilkan hasil plating-annya,” pungkas Chef Ari di sela-sela mendampingi anak didiknya praktik masak Continental Cuisines, di Kitchen Modern Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar