twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 16 Juni 2021

Dari Acara Cruise Cooking Practical with Chef di Great Diponegoro Surabaya

Mahasiswa Tristar Cruise Manyar D Class Masak Satu Set Menu untuk Jamuan Makan Resmi ala Fine Dining

 

PADA penghujung Mei lalu tepatnya hari Kamis (27/05/2021) silam, sebanyak 17-an mahasiswa Tristar Cruise Manyar D Class menyukseskan gelaran acara visit hotel bertajuk Cruise Cooking Practical with Chef Maret Gunawan, di Open Kitchen Zhang Restaurant Great Diponegoro Hotel Surabaya.

Kunjungan industri mahasiswa Tristar Cruises di hotel bintang tiga tersebut, selain untuk mengikuti praktik masak empat menu lengkap untuk acara jamuan makan yang dikemas ala Fine Dining, mahasiswa juga diajarkan teknik men-set up meja untuk jamuan makan resmi. Mereka di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Tristar Cruise Manyar Chef Hartono.

Jadi ibarat pepatah sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Artinya selain bisa praktik masak di kitchen hotel (Food & Beverage Product-FBP), mereka juga bisa belajar Food & Beverage Service (FBS) bersama kru hotel yang berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Sebelum bekerja di Open Kitchen Zhang Restaurant Lantai 2 Great Diponegoro Hotel berikut praktik menata meja makan untuk fine dining, mahasiswa di-briefing lebih dulu oleh Chef Maret Gunawan dan Food & Beverage Manager (FBM) Great Diponegoro Hotel Andre.

17 mahasiswa Tristar Cruise Manyar D Class dibagi dua tim. Tim 1 (Frisca Friscillia dkk) bertugas di kitchen untuk masak satu set menu lengkap mulai Chicken Tako Salad with Cheese Sauce (Appetizer), Cream Soup with Vegetable & Herbs (Soup), Grill Chicken Breast with Blackpepper Corn Sauce, Oriental Vegetables & Wedges Potato (Main Course) dan Chocolate Lava Cake (Dessert)-nya.

Selama bekerja di kitchen, delapan mahasiswa anggota Tim 1 disupervisi langsung oleh Chef Maret Gunawan bersama dua asistennya. Sedangkan Tim 2 yang dimotori oleh Daniela Yusak dkk, fokus praktik men-set up meja makan untuk fine dining dan menjadi waiters/waitress. Selama belajar Food & Beverage Service (FBS), Sembilan anggota Tim 2 di damping FBM Andre bersama seorang asistennya.

Dalam gelaran Sesi I, Frisca, sebagai leader Tim 1, berbagi tugas dengan rekannya untuk membuat Salad (Appetizer), masak Soup, Main Course dan menyiapkan Dessert-nya. Setiap menu di-handle dua orang. Durasi masak satu set menu lengkap itu dipatok 1,5 jam, sejak prepare bahan, memproses hingga mem-plating dan meng-garnish-nya agar tampilannya menarik dan berkelas sesuai arahan Chef Maret Gunawan.

Sementara itu, Tim 2 yang dimotori Daniela Yusak bersama delapan rekannya yang diposisikan sebagai waiters/waitress fokus menata meja makan untuk fine dining, sejak menata celemek (napkin), vas bunga, tissue (optional), salt & pepper, piring, sendok, garpu, pisau kecil, gelas dan daftar menu yang akan disajikan.

FBM Great Diponegoro Andre bersama asistennya juga mengajarkan tata cara melayani tamu saat jamuan makan resmi sejak menempatkan celemek di pangkuan tamu, menuangkan minuman, menyajikan makanan dan etika menarik piring yang sudah kosong dari meja jamuan dan sebagainya. Pokoknya seru banget!

Setelah delapan anggota Tim 1 selesai masak di Open Kitchen Zhang Restaurant, mereka selanjutnya dipersilakan duduk di meja makan layaknya tamu VIP, untuk mengikuti rangkaian acara jamuan makan siang yang ditata ala fine dining. Sementara itu yang bertindak sebagai waiters/waitress-nya adalah sembilan anggota Tim 2.

Selanjutnya pada perhelatan Sesi II, giliran yang bekerja di kitchen hotel adalah sembilan mahasiswa anggota Tim 2 yang dimotori Daniela Yusak, sedangkan delapan anggota Tim 1 yang dipimpin Frisca Friscillia gantian yang diminta men-set up meja makan untuk acara fine dining.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar