twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 13 Juni 2021

Aksi Seru Belajar Teknik Pengolahan Roti Manis Bersama Chef Lusiana

Mahasiswa Pastry Art Antusias Buat Cinnamon Rolls Bread, Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Tuna Choux Cheese Bread dan Vla Cocktail Bread


PASCA Liburan Idul Fitri 2021 lalu, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi kembali diajarkan Chef Lusiana tentang Teknik Pengolahan Roti Manis, untuk membuat lima kreasi sweet bread dengan tampilan kekinian, yakni Cinnamon Roll Bread, Roti Sisir, Barliner (Bomboloni), Tuna Choux Cheese Bread dan Vla Cocktail Bread. Praktik mahasiswa tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Senin (24/05/2021).


Praktik hari pertama membuat aneka kreasi sweet bread itu dihadiri 10 mahasiswa Pastry Art Class. Mereka antusias bekerja di kitchen demi membuat lima kreasi sweet bread sesuai job desk yang diberikan Chef Lusi, sapaan karib Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group tersebut.

Sebelum bekerja di kitchen dengan materi baru, Chef Lusiana me-refresh kembali pengetahuan mahasiswa seputar teknik pengolahan dasar roti, yang telah diajarkan sebelumnya. Hal ini demi membiasakan mahasiswa Pastry Art Class bekerja sesuai Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan.

Seperti biasanya, setiap tim berupaya tampil all out di hadapan dosen pengajar demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating lima kreasi sweet bread itu, hasil kreasi masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh Dosen Pembimbing.

Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Mei. Tim 1 (Dio dkk), misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di kitchen demi membuat Vla Cocktail Bread yang cantik, menarik dan berkelas.

Begitu juga dengan Tim 2 (Mellisa dkk), yang kebagian tugas membuat kreasi Tuna Choux Cheese Bread. Mahasiswa anggota Tim 2 tersebut tampil kompak saat bekerja di kitchen. Sedangkan Tim 3 (Tio dkk) tampil penuh semangat ketika bekerja di kitchen demi mempersembahkan Cinnamon Rolsl Bread ala hotel berbintang.

Sementara itu dua mahasiswa anggota Tim 4 (Febiola dkk) all out membuat Roti Sisir dan Tim 5 (Zulkarnaen dkk) berjibaku di kitchen demi membuat Barliner (Bomboloni), salah satu kreasi bread yang legendaris dengan citarasa gurih (sweet taste).

Untuk membuat Cinnamon Rolls Bread, misalnya, Tim 3 prepare bahan yang terdiri dari komachi flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, water, ice cube, fresh milk dan butter unsalted (anchor/orchid).

Adonan Cinnamon Rolls Bread yang sudah kalis dimasukkan loyang persegi ukuran 18x18 cm2 kemudian diberi filling berupa custard vanilla cream, cold water, raisin, cinnamon dan brown sugar. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat sampai mengembang dan permukaan atasnya diolesi dulu dengan campuran milk powder dan water, barulah di-bake pada suhu 180*C selama 15-20 menitan.

Untuk fondant-nya sendiri menggunakan bahan seperti icing sugar, lemon juice, water, tiramisu topping dan greentea topping. Sedangkan demi memberi warna mengkilap makapermukaan Cinnamon Roll Bread di-washing dulu dengan 20 gram milk powder + water.

Sementara itu dua mahasiswa anggota Tim 2 juga bahu-membahu membuat Tuna Choux Cheese Bread yang berasa gurih (savoury taste). Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat adonan Bread Dough 1 adalah fresh milk dan bread flour.

Selanjutnya menyiapkan adonan Bread Dough 2. Bahannya terdiri dari bread flour (Cakra Kembar), medium flour (Segitiga Biru), yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, water, fresh milk, butter dan margarine.

Selain itu, mahasiswa juga diminta membuat choux-nya dengan memanfaatkan bahan seperti water, butter, salt, bread flour dan egg, sedangkan untuk filling-nya sendiri berupa tuna, garlic dan cheddar cheese.

Tidak mau kalah dengan tim lain, maka anggota Tim 1, Tim 4 dan Tim 5 pun harus berjibaku di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Vla Cocktail Bread, Roti Sisir dan Barliner (Bomboloni), dengan tampilan kekinian. Good jobs Bro & Sis …!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar