twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 13 Juni 2021

Kehebohan Mahasiswa Praktik Masak Continental Bersama Chef Ari dan Chef Nadya

Tampilan Cantik Kebab Seafood with BBQ Sauce & Potato Fries, Kreasi Mahasiswa Culinary Art Class yang Menggoda Selera

 

KEHEBOHAN praktik masak olahan fish & seafood bersama Chef Ari Purwantoro (Kelas A-1 Pagi) dan Chef Nadya Ratri Aryani (Kelas A-2 Pagi) masih bergulir jelang liburan Idul Fitri 2021 lalu. Kali ini giliran mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi, diajarkan cara membuat dua menu Continental Cuisines (Western Food), yakni Kebab Seafood with BBQ Sauce dan Potato Fries yang renyah dan gurih, di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (04/05/2021) pagi.

 

Menu olahan sari laut yang berbeda, unik dan inovatif namun tetap bercitarasa lezat adalah Kebab Seafood with BBQ Sauce. Salah satu masakan Continental Cuisines ini juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit.


Selama ini orang mengenal kebab sebagai sebuah olahan daging. Daging tersebut bisa daging sapi, kambing atau daging ayam. Oleh karena itu ada baiknya jika mahasiswa juga dikenalkan cara masak Kebab Seafood with BBQ Sauce yang kreatif, unik dan enak rasanya. Menu olahan seafood ini pas banget jika dipadupadankan dengan Potato Fries, sebagai sumber karbohidrat yang renyah (crispy).


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, pagi itu, Chef Ari kembali menugaskan lima anak didiknya yang masuk dalam Tim 1 masak Kebab Seafood with BBQ Sauce. Sedangkan lima mahasiswa yang lain dari Tim 2, prepare membuat Potato Fries.


Masing-masing tim pun berupaya tampil penuh percaya diri saat masak menu Continental Cuisines yang disajikan ala restoran ternama. Setelah masakan selesai, baru di-plating dalam satu wadah piring kemudian di-garnish agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas sehingga menggoda selera makan tamu restoran tersebut.


Bahan-bahan yang diperlukan selama masak Kebab Seafood with BBQ Sauce terdiri atas snapper (di-fillet dan di-cut persegi), prawn (dikupas kulitnya lalu dibentuk ala butterfly) dan squid (dibersihkan lalu dipotong persegi panjang).


Ketiga seafood itu lalu dibumbui (di-marinated), selanjutnya ditusuk (bamboo skewer) seperti teknik membuat sate. Di antara tusukan seafood tersebut disisipkan potongan onion dan pineapple. 


”Setelah Kebab Seafood siap semua, barulah di-grilling di atas mesin pemanggang hingga masak yang ditandai dengan aromanya yang harum dan warnanya kecoklatan ,” terang Chef Ari di sela-sela mendampingi anak didiknya bekerja di kitchen.


Selain menyiapkan Kebab Seafood, mahasiswa juga membuat BBQ Sauce dengan menggunakan metode simmering. Bahan untuk membuat BBQ Sauce yang sedap rasanyam meliputi butter, onion dan garlic yang sudah di-chop kemudian di-saute sampai mengeluarkan aroma harum.


Selanjutnya tambahkan water, white wine vinegar, tomato sauce, lime juice, brown sugar, chili sauce, mustard dan worchestershire sauce, lalu semua bahan itu diaduk hingga merata saat memasaknya. Jika sudah matang sempurna, lalu angkat olahan BBQ Sauce tersebut.


Setelah masak Kebab Seafood with BBQ Sauce, giliran menu terakhir yang siap diolah mahasiswa Culinary Art Class adalah Potato Fries yang renyah dan gurih. Menurut Chef Nadya Ratri Aryani, untuk membuat Potato Fries dengan metode steam & fry, maka bahan yang dibutuhkan antara lain potato (dikupas kulitnya lalu di-peel dan di-mashed). Selanjutnya kentang tersebut di-mixed bersama flour, salt & pepper dan paprika powder kemudian di-frying.


”Jika semua pekerjaan tersebut telah selesai, maka sekarang giliran Anda mem-plating dan meng-garnish-nya dengan daun parsley agar dua menu masakan Continental Cuisines tersebut tampil cantik, elegan dan berkelas,” ujar Chef Nadya di ruang kerjanya.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar