twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 27 Juni 2021

Serunya Mahasiswa Praktik Masak Asian Cuisines Bersama Chef Jo di Graha Tristar

Mahasiswa Culinary Art Tampilkan Mixed Vegetable & Chicken Lettuce Salad, Bulgogi dan Korean Vermicelli

 

MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi yang diasuh Chef Mario Alvin Yonathan, dengan percaya diri menampilkan tiga menu masakan khas dari Korea, yakni Mixed Vegetable & Chicken Lettuce Salad, Bulgogi dan Korean Vermicelli yang sedap, usai praktik masak Korean Food di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3 Graha Trstar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (17/06/2021) pagi. 


Untuk menambah keseruan di kitchen, Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Yonathan, membagi 16 mahasiswa Culinary Art Class tersebut dibagi tempat tim, masing-masing beranggotakan empat orang. Setiap tim kebagian masak tiga menu dan mereka pun tampil all out demi menyukseskan gelaran cooking battle tersebut

 

Setiap tim bekerja di kitchen tidak lebih dari 90 menit. Setelah ketiga menu masakan itu selesai dimasak, masing-masing makanan legendaris asal Negeri Ginseng itu baru di-plating semenarik mungkin ala restoran Korea yang sekarang ini banyak bermunculan di Surabaya.

 

”Tidak hanya melihat kemampuan masaknya (dari aspek tesktur dan rasanya), saya juga menilai tampilan dan kreativitas mahasiswa saat mem-plating hasil masakan khas dari Korea itu setelah masakan tersebut disajikan di atas meja display,” ujar Chef Jo di sela-sela mendampingi anak didiknya meramaikan cooking battle pagi itu.

 

Tak pelak lagi jika penilaian itu langsung direspons oleh keempat tim mahasiswa untuk berjibaku di kitchen saat praktik masak tiga menu masakan Korean Food (masuk dalam kelompok Asian Cuisines), yakni Mixed Vegetable & Chicken Lettuce Salad, Bulgogi dan Korean Vermicelli yang sedap rasanya.

 

Demi hasil yang ciamik, Dosen Pengajar Culinary Tristar Group itu pun tampak proaktif mendampingi langsung aksi seru anak didiknya, saat mereka praktik membuat tiga menu masakan tradisional dari Negeri Ginseng tersebut di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Jo lalu menugaskan empat tim itu menyiapkan bahan masakan termasuk bumbunya untuk masak tiga menu masakan tradisional dari Korea itu sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus).

 

Demi membuat Mixed Vegetable & Chicken Lettuce Salad yang sedap, masing-masing tim menyiapkan sejumlah bahan masakan yang meliputi pear, fresh lemon juice dan egg. Selanjutnya mereka juga membuat Mustard Dipping Sauce-nya

 

Untuk membuat sauce yang istimewa ini, bahannya terdiri dari boiling water, hot mustard powder, sesame seeds, rice vinegar, sugar, soy sauce, Asian sesame oil, water chestnuts, iceberg lettuce, chicken breasts, cucumber dan carrot. Praktik masak Mixed Vegetable & Chicken Lettuce Sauce ini menggunakan metode searing, boiling dan mixing.

 

Keseruan kerja di kitchen juga berlanjut saat masing-masing tim masak Bulgogi. Demi masak Bulgogi atau Terriyaki ala Korea itu, maka bahan yang disiapkan lebih dulu adalah membuat Marinate. Bahannya sendiri terdiri atas sesame seed, minced garlic, ginger, green onions dan soy sauce.

 

Kemudian menyusul bahan-bahan lainnya seperti sake, canota oil, sugar, redpepper powder atau freshly ground blackpepper, sirloin beef dan mushroom soy. Untuk memasak Terriyak ala Korea yang sedap ini mengunakan metode searing.

 

Berikutnya mereka masih harus berjibaku untuk masak menu ketiga, Korean Vermicelli ala restoran Korean Food di Surabaya. Ada dua tahapan untuk masak Korean Vermicelli yakni membuat Beef Marinate dan menyiapkan Sauce Mixture.

 

Untuk membuat Beef Marinate, maka bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi sesame seeds, soy sauce, green onion, minced garlic, sugar, Asian sesame oil dan beef. Sedangkan untuk membuat Sauce Mixture-nya sendiri, bahan yang diperlukan terdiri atas soy sauce, sugar, blackpepper, Asian sesame oil, bean threads, canota oil, carrot, celery stick, onion, zucchini, bamboo shoots, black mushrooms, redpepper powder dan green onions. Untuk masak Korean Vermicelli ini menggunakan metode stirfying.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar