twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 30 Juni 2021

Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Asian Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Mahasiswa Culinary Art Class Dapat Tantangan Masak Singaporean Food dan Vietnamese Food yang Tasty

 

SEMAKIN dekatnya pelaksanaan ujian praktik masak yang dijadwalkan jatuh pada akhir Juni 2021, Chef Ari Purwantoro menantang 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, untuk masak Singaporean Food dan Vietnamese Food yang lezat. Praktik masak Asian Cuisines itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (22/06/2021) pagi.

 

Mahasiswa Culinary Art Class tersebut dibagi menjadi dua tim, masing-masing beranggotakan enam orang. Tim 1 (Rahadian Pambudi dkk) kebagian tugas untuk masak tiga menu masakan Vietnamese Food, yakni Pho, Vietnamese Spring Rolls dan Grilled Prawn in Nous Cham Sauce.

 

Sedangkan Tim 2 (Yohana Rimba G dkk) diminta fokus masak tiga menu masakan Singaporean Food, yakni Singaporean Chili Crabs, Laksa (Soup ala Singapura) dan Singaporean Satay (Sate Kelapa khas Singapura).

 

”Tantangan yang saya berikan itu selain bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan mahasiswa membuat masakan yang teksturnya lembut dan lezat rasanya, juga untuk menilai kreativitas mahasiswa saat mem-plating hasil masakan itu agar tampilan masakan itu terlihat menarik, elegan dan berkelas ala sajian makanan di hotel berbintang,” ujar Chef Ari, sapaan akrabnya.

 

Tak pelak lagi jika penilaian itu langsung direspons oleh dua tim mahasiswa untuk tampil sebaik mungkin saat praktik masak Vietnamese Food dan Singaporean Food yang berasa sedap, teksturnya lembut dan tentunya menarik tampilannya.

 

Tim 1 yang dimotori Rahadian tampil all out demi mempersembahkan tiga menu masakan Vietnamese Food yang tasty dan deliciously di hadapan dosen pembimbingnya, Demi mempercepat kerja di kitchen, anggota Tim 1 pun berbagi tugas untuk masak Pho, Vietnamese Spring Rolls dan Grilled Prawn in Nouc Cham Sauce.


Untuk masak Pho, bahan yang dibutuhkan terdiri atas beef tenderloin, onion white, ginger, anish star, cinnamon bark dan nutmeg (di-simmering lebih dulu),sebelum bahan lain seperti kwe teow, local basil, bean sprout, Japanese tofu, butter head lettuce, slant slice leek, julliene carrot dan fried garlic diolah lebih lanjut. Sedangkan hoisin sauce dan soy sauce-nya sendiri dimasukkan dalam stock.

 

Selanjutnya masak Vietnamese Spring Rolls. Ada dua tahapan pekerjaan yang dilakoni, yakni membuat menyiapkan filling berikut skin-nya dan membuat Vietnamese Dipping Sauce. Sedangkan bahan membuat Vietnamese Spring Rolls sendiri meliputi Japanese eggplants, dried rice papper wrappers (skin), iceberg lettuce, red chilies, sugar, canola oil, ginger, cloves garlic (di-minced lebih dulu) dan shallot.

 

”Untuk membuat Vietnamese Spring Rolls ini, teknik masak di kitchen menggonakan metode blanching, wrapping dan stirring,” kata Chef Ari di sela-sela mendampingi aksi heboh anak didiknya demi meramaikan Cooking Battle Challenge, di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, pekan lalu.

 

Sedangkan anggota Tim 1 yang lain juga sibuk masak Grilled Prawn in Nuoc Cham Sauce dengan metode grilling. Untuk masak menu ketiga ini bahan masakan yang dibutuhkan terdiri atas prawn (size 31-40), lemon grass, shallots, cloves garlic, red chili, ground blackpepper, fish sauce, fresh lime juice, Asian sesame oil, bamboo skewers (tusuk bambu untuk prawn), sesame seeds, thin rice sticks, cucumber, iceberg lettuce, coriander dan Vietnamese nuoc cham sauce.

 

Untuk membuat Vietnamese Nuoc Cham Sauce-nya sendiri, maka bahan-bahan yang dibutuhkan adalah rice vinegar, fresh lime juice, fish sauce, sugar, clove garlic, red chilies dan fine carrot.

 

Tidak kalah seru dengan Tim 1, maka enam mahasiswa anggota Tim 2 yang dipimpin Yohana Rimba G., harus berjibaku di Kitchen Modern Graha Tristar, demi membuat tiga menu masakan Singaporean Food yang tasty dan deliciously, yakni Singaporean Chili Crabs, Laksa dan Singaporean Satay, dengan durasi sekitar 90 menitan.

 

Berkat soliditas dan kekompakan anggota Tim 2 yang dimotori mahasiswi asal Pacitan itu, maka pekerjaan di kitchen demi masak tiga menu masakan khas Singapura, bisa dituntaskan tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menyajikannya di meja display hasil masakan mahasiswa. Good job Bro & Sis …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar