twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 13 Juni 2021

Serunya Aksi Master Cooking Demo di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya

Scotties Egg (Scotch Egg), Makanan Khas Skotlandia yang Deliciously Persembahan Chef Ari dan Chef Thomas

 

GELARAN Master Cooking Demo with Chef kali ini mengangkat tema Scotties Egg (Scotch Egg), makanan khas dari Skotlandia (Inggris Raya) yang tasty dan deliciously.  Chef Ari Purwantoro tampil percaya diri di hadapan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, sedangkan Chef Thomas Denny tampil all out saat demo masak Scotties Egg disaksikan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi).

 

Perhelatan Master Cooking Demo with Chef mengambil tempat di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (24/05/2021) pagi. Aksi ciamik kedua chef ketika demo masak Scotties Egg pagi itu diapresiasi dengan baik oleh anak didiknya masing-masing.


Scotties Egg (Scotch Egg) sendiri merupakan sajian makanan khas dari Skonlandia (Inggris Raya) yang dihidangkan dengan tampilan cantik, menarik dan berkelas ala restoran ternama di sebuah hotel bintang lima. Oleh karena itu, dalam materi praktik masak Continental Cuisines (Western Food), maka mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit juga dikenalkan masakan legendaris tersebut.


Bahan-bahan yang dibutuhkan selama masak Scotties Egg terdiri atas telur, ground meat, bread crumb, carrot, herbs, salt & pepper (S&P), garlic, demiglaze (DG), nutmeg, fresh milk, fresh cream dan tambahkan juga seasoning secukupnya demi mendapatkan taste yang diinginkan.


Cara membuat Scotties Egg, maka egg di-boiled lebih dulu hingga setengah matang, lalu di-peeled. Sedangkan ground meat yang sudah dihaluskan di-mixed bread crumb hingga merata, barulah telur setengah matang tersebut ditaruh di dalam campuran daging dan bread crumb itu kemudian dibentuk lonjong seukuran telur angsa.


Sementara itu carrot di-turning lebih dulu sebelum di-boiled dan di-saute bersama herbs, salf & pepper hingga aromanya harum. Untuk membuat Demiglaze Garlic Sauce, bahannya dari demiglaze, garlic utuh di-slide lalu di-chopped, selanjutnya di-saute dengan menambahkan herbs secukupnya. 


Sedangkan Lyonnaise pot di-peeled lebih dulu baru di-slice separuhnya saja dan tambahkan juga seasoning secukupnya bersama salt & pepper, nutmeg, fresh milk dan fresh cream. Selanjutnya di-bake pada suhu 200*C selama 30 menitan hingga tampak kecoklatan, barulah Scotties Egg yang sebelumnya sudah ditaburi onion slice tersebut diangkat dari mesin oven.


Ketika demo masak Scotties Egg di Kelas A-1 Pagi, Chef Ari Purwantoro lebih mantap jika menggunakan Demiglaze Garlic Sauce, sedangkan Chef Thomas Denmny saat demo masak di Kelas A-2 Pagi menyiapkan sausnya berupa Italian Velloute Sauce.


Dalam kesempatan itu, baik Chef Ari maupun Chef Thomas juga berbagi ilmu dengan anak didiknya di kelasnya masing-masing, teknik mem-plating Scotties Egg secantik dan semenarik mungkin, sehingga tampilannya tampak elegan dan berkelas ala hotel berbintang. Good jobs, Chef …!


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar