twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 13 Juni 2021

Keseruan Belajar Teknik Pengolahan Roti Manis Bersama Chef Mei dan Chef Renny

Mahasiswa Pastry Art Persembahkan Nut Tea Ring Bread, Bread Cake, Mocha Bun, Fruit Cheese & Custard Bread dan Sausage Mushroom Bread with Puff


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi dan Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Renny Savitri, kembali diajarkan Teknik Pengolahan Roti Manis (Sweet Bread) dengan tampilan kekinian. Setidaknya ada lima kreasi sweet bread yang diajarkan, yakni Nut Tea Ring Bread, Bread Cake, Mocha Bun, Fruit Cheese & Custard Bread dan Sausage Mushroom Bread with Puff. Praktik itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1 dan 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Selasa (25/05/2021) pagi.


Praktik hari kedua tersebut dihadiri 12-an mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi. Mereka antusias bekerja di kitchen demi membuat lima kreasi sweet bread sesuai job desk yang diberikan Chef Mei, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit tersebut.

Setiap tim berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating lima kreasi sweet bread itu, hasil kreasi masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh Dosen Pembimbing.

Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Mei. Tim 1 (Dio dkk), misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di kitchen demi membuat Nut Tea Ring Bread yang cantik, menarik dan berkelas.

Begitu juga dengan Tim 2 (Mellisa dkk), tampil kompak di kitchen demi membuat Bread Cake yang teksturnya lembut, enak rasanya dan tampilamnnya menarik. Sedangkan Tim 3 (Cilya dkk) tampil penuh semangat ketika bekerja di kitchen demi mempersembahkan Mocha Bun ala hotel berbintang.

Sementara itu dua mahasiswa anggota Tim 4 (Zulkarnaen dkk) dan dua anggota Tim 5 (Febiola) juga berjibaku di kitchen demi membuat Fruit Cheese & Custard Bread, salah satu kreasi bread yang legendaris dengan citarasa manis (sweet taste) dan Sausage Mushroom Bread with Puff yang berasa asin/gurih (savoury bread).

Untuk membuat Bread Cake, misalnya, Tim 2 prepare bahan yang terdiri dari bread flour (Cakra Kembar), medium flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, egg, water, butter dan margarine. Sedangkan untuk membuat adonan Cake-nya sendiri (adonan kedua), bahan yang digunakan adalah egg, sugar, cake emulsifier dan medium flour.

”Adonan pertama Bread-nya yang sudah kalis dimasukkan wadah persegi ukuran 10x10x20 cm3 (beratnya sekitar 200 gram), kemudian diberi filling berupa adonan Cake (adonan kedua),” ujar Chef Dwi Mei Retnowati kepada Mellisa Sandra Alliani dan Tio Nanda, anak didiknya di Kelas A-1 Pagi.

Selanjutnya adonan Bread Cake itu di-proofer selama 60 menitan sampai mengembang dan permukaan atasnya diolesi dulu dengan campuran milk powder dan water, serta ditaburi black sesame seed sebagai topping-nya, barulah di-bake pada suhu 180*C selama 15-18 menitan.

”Jika proses pengovenan sudah selesai, lalu Bread Cake itu didiamkan sebentar barulah di-slice untuk di-plating dan di-garnish secantik dan semenarik mungkin. Profil Bread Cake yang sudah di-slice, bagian bawahnya terlihat warna pink (teksturnya lebih halus dan padat sebagai Cake-nya, sedangkan di bagian atasnya dengan tekstur lebih berongga dan cenderung agak kasar adalah Bread-nya,” terang Chef Renny Savitri kepada Rininta Oktavira Kristanti, Andrij Gabrielo Bastianto dan 10 anak didiknya yang lain di Kelas A-2 Pagi.

Selain praktik membuat Bread Cake, empat tim yang lainnya juga tampil antusias saat diminta membuat empat kreasi sweet bread yang lain, yakni Nut Tea Ring Bread, Mocha Bun, Fruit Cheese & Custard Bread dan Sausage Mushroom Bread with Puff, di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Good jobs Bro & Sis ...!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar