twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 24 Juni 2021

Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Asian Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Chawan Mushi, Chicken Terriyaki dan Tempura, Tiga Menu Japanese Food Persembahan Mahasiswa Culinary Art

 

MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi praktik masak Asian Cuisines bersama Chef Ari Purwantoro. Kali ini mahasiswa diajarkan teknik masak tiga menu masakan tradisional khas Negeri Matahari Terbit (Jepang), yakni Chawan Mushi, Chicken Terriyaki dan Tempura yang sedap cita rasanya.

 

Praktik masak Japanese Food itu digelar di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Trstar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (11/06/2021) pagi. Praktik masak tersebut melibatkan 12 mahasiswa Culinary Art Class, yang hadir pagi itu.

 

Mahasiswa Culinary Art Class tersebut dibagi tiga tim, masing-masing beranggotakan empat orang. Setiap tim kebagian masak satu menu. Setiap tim bekerja di kitchen tidak lebih dari 90 menit. Setelah ketiga menu masakan itu selesai dimasak, masing-masing makanan legendaris itu baru di-plating semenarik mungkin ala restoran Jepang.

 

”Tidak hanya melihat kemampuan masaknya (dari aspek tesktur dan rasanya), saya juga menilai tampilan dan kreativitas mahasiswa saat mem-plating hasil masakan itu setelah masakan tersebut disajikan di atas meja display,” ujar Chef Ari, sapaan akrab Ari Purwantoro di hadapan anak didiknya.

 

Tak pelak lagi jika penilaian itu langsung direspons oleh ketiga tim mahasiswa untuk tampil all out saat praktik masak tiga menu masakan Japanese Food (termasuk dalam Asian Cuisines), yakni Chawan Mushi, Chicken Terriyaki dan Tempura yang sedap rasanya.

 

Demi hasil yang terbaik, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit itu pun tampak proaktif mendampingi langsung aksi ciamik anak didiknya, saat mereka praktik membuat tiga menu masakan tradisional dari Negeri Sakura tersebut di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Ari lalu menugaskan anak didiknya menyiapkan bahan masakan termasuk bumbunya untuk masak tiga menu masakan tradisional dari Jepang itu sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus).

 

Demi membuat Chawan Mushi yang sedap, empat mahasiswa anggota Tim 1 menyiapkan sejumlah bahan masakan yang meliputi prawn, salt & pepper, sake, chicken breast, jamur shitake, petsai, chicken stock (kaldu ayam), kombu, kikkoman soy sauce, sake, katsuoboshi dan egg. Praktik masak Chawan Mushi ini menggunakan metode blanching dan steaming.

 

Keseruan kerja di kitchen juga ditunjukkan empat mahasiswa anggota Tim 2 yang kebagian job masak Chicken Terriyaki. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Chicken Terriyaki adalah kikkoman soy sauce, mirin, sugar, red wine, salt, chicken breast dan buttom mushroom. Untuk memasak Chicken Terriyaki, maka metode yang digunakan adalah teknik mixing dan simmering.

 

Tak mau kalah dengan kehebohan tim lain, maka empat personel Tim 3 pun tampil all out demi membuat Tempura ala restoran Japanese Food di Surabaya. Bahan untuk masak Tempura sendiri terdiri dari eggplant, jamur shitake, carrot, onion, squid (cumi-cumi) dan prawn (yang berukuran besar).

 

Untuk masak Tempura yang paripurna, maka anggota Tim 3 pun melengkapinya dengan membuat Sauce dan Batter. Bahan untuk membuat Sauce terdiri atas water, kikkoman soy sauce, mirin, sugar dan ginger yang sudah di-slice agak tebal.

 

Sementara itu, untuk membuat Batter, maka bahan yang harus disiapkan antara lain egg yolk, cold water, tempura flour, ice cube lalu semua bahan tersebut di-mixer sampai halus. Secara keseluruhan metode masak Tempura tersebut menggunakan teknik deep frying.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar