twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 24 Juni 2021

Aksi Heboh Gelaran Cooking Demo with Chef di Sky Suites SOHO-Samator

Chef Yanuar Libatkan Mahasiswa Culinary Art Class Saat Demo Masak Lobster Thermidor yang Superlezat

 

SEBANYAK 14 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas Pagi, antusias menghadiri Cooking Demo with Chef Yanuar Kadaryanto bertema Lobster Thermidor, di Kitchen Modern Sky Suites SOHO-Samator (Kampus C) Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Selasa (08/06/2021) pagi. Demo masak yang diajarkan kepada mahasiswa ini materinya masih terkait dengan teknik pengolahan fish & seafood.

 

”Dipilihnya menu berkelas dari Prancis dalam gelaran cooking demo kali ini karena menu spesial tersebut tidak tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa. Harapan kami, mahasiswa Culinary Art Class tertarik mengikuti gelaran demo masak tersebut,” kata Chef Yanuar, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator (Tristar Group), kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.


Demi masak Lobster Thermidor (Western Food) yang superlezat seperti yang biasa disajikan di restoran-restoran ternama sebuah hotel berbintang, maka ada beberapa tahapan pekerjaanyang harus disiapkan.

Tahapan pekerjaannya sendiri dimulai dengan membersihkan dan membelah kulit lobsternya lalu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat filling-nya dan selanjutnya mem-plating menu spesial tersebut ala hotel berbintang sebelum Lobster Thermidor tersebut disajikan kepada tamu VIP.


Untuk mempercepat pekerjaan di kitchen, Chef Yanuar melibatkan beberapa anak didiknya antara lain membuat filling-nya Lobster Thermidor dengan memanfaatkan bahan yang terdiri dari daging lobster, lemon, onion, bouquet garni, unsalted butter, minced shallot, minced garlic, red wine, milk, heavy cream, parmesan, dry mustard powder, tarragon dan parsley leaf.

 

”Sedangkan untuk membuat Bouquet Garni-nya sendiri, maka bahan-bahan yang mesti disiapkan adalah bay leaf, thyme, parsley dan blackpepper,” tandas Chef Yanuar di hadapan anak didiknya.


Pekerjaan selanjutnya, kulit lobster (berukuran jumbo) yang sudah terbelah menjadi dua, di-bake pada suhu 180*C selama 10 menit. Setelah proses pengovenan tahap I selesai, dilanjutkan dengan pengovenan tahap II.


Caranya, lanjut Chef Yanuar, kulit lobster yang baru saja di-bake, diisi adonan (filling) bumbu Lobster Thermidor hingga merata kemudian di-bake lagi pada suhu 190*C selama 10-15 menitan. Jika sudah masak sempurna (warnanya kecoklatan) baru diangkat dari mesin oven.


Sebelum menu Lobster Thermidor itu disajikan, di-plating dan di-garnish lebih dulu agar tampilannya semakin menarik, elegan dan berkelas ala sajian menu istimewa di restoran ternama sebuah hotel berbintang. Selamat menikmati. Hmm mamamia lezatos …!


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar