twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 30 Juni 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya

Tim Juri Apresiasi Enam Kreasi Bread Kekinian Persembahan Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi

DENGAN penuh percaya diri, enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri, menampilkan enam kreasi bread kekinian, pada ujian praktik secara individual yang mengusung tema Bread Creation. Final exam hari pertama, Selasa (29/06/2021) pagi itu dilaksanakan di Laboratorium Praktik Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu diapresiasi tim juri. Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Selasa (29/06/2021) siang.

 

Tiga orang anggota tim juri adalah Chef Sari Palupi M.MPar (Dosen Pengajar Pastry Art), Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MSi (Dosen Pengajar Culinary Art) dan Dewi Mariyanah M.Par (Dosen Pengajar Pariwisata Akpar Majapahit).

 

Mahasiswa Pastry Art yang mengikuti final exam hari pertama adalah Fatikhah Nur Ramadhani, Chelsea Cellia Y., Michael Hadinata, Micko Alfiyan, Tri Firmanda R. dan Agung Aditya P.  Mereka pun bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Bread Creation.

 

Selama ujian berlangsung di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar, pagi itu,  Fatikhah Nur Ramadhani berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi bread kekinian yang bertajuk Beef Rendang with Curly Fries, sedangkan Chelsea Cellia Y., fokus membuat kreasi bread yang diberi titel English Muffin Sandwich yang lezat.

 

Selanjutnya Michael Hadinata tampil antusias demi menyiapkan bread hasil kreasinya yang diberi nama Ubi Babka Roll, sedangkan Micko Alfiyan berupaya keras membuat kreasi bread andalannya dengan mengusung tema American Pizza.

 

Sementara itu Tri Firmanda R. dan Agung Aditya P., memilih berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi bread unggulannya, yang diberi nama Fish-O- Fillet Burger dan Skolebrod Custard Tape, yang keren tampilannya.

 

Durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Patisserie Graha Tristar itu dipatok sekitar tiga jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating aneka kreasi bread kekinian tersebut. Oleh karena itu manajemen waktu selama ujian berlangsung menjadi tolak ukur sejauh mana mahasiswa tersebut bisa bekerja di kitchen secara efektif dan efisien.



Dari enam mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pada ujian praktik hari pertama, 50 persen (diwakili tiga mahasiswa) tertarik membuat kreasi bread kekinian yang masuk dalam kelompok savoury (berasa gurih/asin) sedangkan sisanya (tiga mahasiswa lainnya) membuat kreasi bread yang masuk kategori sweet (berasa manis).

 

Final exam yang mengangkat tema Bread Creation bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat aneka kreasi bread (sweet & savoury) hingga diajarkan cara menghias bread dengan tampilan kekinian di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

 


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar