twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 30 Juni 2021

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Asian Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar

Sukseskan Cooking Battle Challenge, Mahasiswa Culinary Art Berjibaku Demi Masak Malaysian dan Philippines Food

 

MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Nadya Ratri Aryani giliran tampil demi menyukseskan Cooking Battle Challenge, demi masak Malaysian Food dan Philippines Food yang tasty dan deliciously. Praktik masak Asian Cuisines tersebut digelar di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (22/06/2021), pekan lalu.

 

Sekitar 12 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi menjadi dua tim, masing-masing beranggotakan tujuh orang. Tim 1 (Dicky Tanuwijaya dkk) kebagian tugas untuk masak tiga menu masakan Malaysian Food, yakni Pilaf Rice, Hot & Sour Fish dan Dalca Curry (Kare khas dari Negeri Jiran Malaysia).

 

Sedangkan Tim 2 (Ellen Nylawati dkk), mendapat jobs dari Chef Nadya untuk masak tiga menu masakan Philippimes Food, yakni Vegetarian Fried Rice, Adobo dan Fresh Lumpia (Lumpia khas dari Phillippines.

 

”Tantangan yang saya berikan itu selain bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan berbagai metode masak yang sudah diajarkan sesuai tuntutan di industri perhotelan,” ujar Chef Nadya, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit tersebut.

 

Tim 1 yang dimotori Dicky tampil penuh percaya diri demi membuat tiga menu masakan Malaysian Food yang superenak di hadapan dosen pengajarnya, Demi mempercepat pekerjaan di kitchen, anggota Tim 1 pun berbagi tugas untuk masak Pilaf Rice, Hot & Sour Fish dan Dalca Curry.

 

Untuk masak Pilaf Rice, bahan yang dibutuhkan terdiri atas canola oil, cinnamon, cardamon seeds, cloves, shallots, ginger, turmeric, long grain rice, chicken stock dan golden raisin, Metode masak yang diaplikasikan mahasiswa menggunakan teknik sauteeing dan steaming.

 

Selanjutnya masak Hot & Sour Fish. Bahan yang disiapkan untuk membuat Hot & Sour Fish adalah snapper fillet, red chili paste, shallot, garlic, blimbing wuluh, green tomato, kaffir leave, turmeric, ginger, turmeric leaves, lemon grass dan asam kandis. ”Untuk membuat Hot & Sour Fish yang lezat, teknik masaknya memakai metode stewwing,” kata Chef Nadya, di Kitchen Modern Graha Tristar, pekan lalu.

 

Sedangkan anggota Tim 1 yang lain sibuk masak Dalca Curry juga dengan metode stewwing. Untuk masak menu ketiga ini bahan masakan yang dibutuhkan terdiri atas red chili, hot chili, ginger, galangal, turmeric, cardamon, clove, cinnamon, pepper, salam leaves, kaffir leaves, turmeric leaves, cocomilk, curry paste (madras), mungbean, eggplant, squid, shrimp, beef, long bean dan green tomato.

 

Tidak kalah heboh dengan Tim 1, maka enam mahasiswa anggota Tim 2 yang diketuai  Ellen Nylawati pun bekerja keras di Kitchen Modern Graha Tristar, demi membuat tiga menu masakan Philippines Food yang tasty dan deliciously, yakni Vegetarian Fried Rice, Adobo dan Lumpia khas Philippines, dengan durasi tidak lebih dari 90 menitan.

 

Berkat teamwork dan semangat kerja anggota Tim 2 yang dimotori mahasiswi asal Tuban itu, maka pekerjaan di kitchen demi masak tiga menu masakan khas Philippines, yakni Vegetable Fried Rice, Adobo dan Lumpia, bisa diselesaikan tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menghidangkannya di meja display hasil masakan mahasiswa. Good job Bro & Sis …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar