twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 23 Juni 2021

Aksi Seru Mahasiswa Tristar Group Belajar Cookery Bersama Guest Lecture dari Canada

Mahasiswa Tristar Cruise Manyar dan Tristar Cruise Samator Antusias Mengikuti Pembekalan dari Chef Kevin


SETELAH mengikuti gelaran Seminar Internasional bertajuk Become a World Class Chef. The Step & Secret to Become a Culinary Star, di Dafam Pacific Caesar Hotel Surabaya, giliran selanjutnya Guest Lecture dari Canada, Chef Kevin A. Cherkas itu mengisi kelas khusus di Kampus C Tristar Samator Sky Suites SOHO-Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Selasa (08/06/2021) pagi.


Keberadaan Guest Lecture dari Canada di Surabaya itu dimanfaatkan betul oleh pihak Tristar Group, demi membekali mahasiswa Tristar Cruise Manyar maupun Tristar Cruise Samator bagaimana kiat meraih sukses sekaligus menjadi seorang bintang di bidang culinary.

 

Selain dimulai dari minat kuat untuk belajar masak (culinary) di kampus, Anda juga wajib untuk terus mengasah kemampuan mengkreasi menu-menu baru yang diprediksi bakal booming karena bisnis kuliner di era milenial saat ini sangat dinamis. Aneka produk baru di industry kuliner tidak stagnan melainkan terus berkembang mengikuti trend pasar.

Meski Anda cukup piawai bekerja di kitchen, namun jangan sekali-kali Anda abai pada pengetahuan lainnya, mengingat industri hospitality itu cakupannya luas, seperti pengetahuan tentang food & sanitation, food costing, financial (accounting), services (customer satisfaction), manpower (man behind the gun), sales, marketing & promotion dan management (culinary business) modern.

Chef Kevin pun memberi contoh bagaimana cara nge-chop bawang Bombay yang benar mengikuti alur serat di permukaan sayuran tersebut agar saat di-chop ukurannya relatif sama. Namun ironisnya hal-hal basic yang kelihatan remeh temeh itu kadangkala sering luput dari perhatian karena chef-nya juga lagi sibuk kerja di kitchen.

”Oleh karena itu teknik chop yang benar –meskipun kelihatan kecil-- juga wajib diatensi oleh mahasiswa Tristar Cruise Class. Sejumlah metode masak mulai Sauteeing, Stewwing, Steamming hingga Stirfrying pun harus dikuasai dengan baik. Begitu juga teknik mem-plating dan meng-garnish hasil masakan pun perlu untuk terus diasah,” cetus Head Chef Cuca Restaurant Jimbaran Bali tersebut.

Motivasi terus-menerus dari Chef Kevin A. Cherkas kepada mahasiswa Tristar Cruise Manyar Kelas E, yang hadir itu semata-mata demi membangkitkan semangat mereka sebagai calon-calon chef andal agar tetap menggelora, walaupun saat ini dampak pandemi Covid-19 belum sepenuhnya reda.

Ia pun mengingatkan kembali bagaimana urut-urutan pekerjaan membuat Nasi Goreng yang tasty & deliciously ala Cuca Restaurant, yakni (1). Buy chicken, (2). Cut chicken, (3). Marinate chicken, (4). Heat oil to fry chicken, (5). Four chicken, (6), Fry chicken, (7). Check chicken is cooked, (8). Eat chicken dan (9). Clean the chicken.

Usai mengikuti presentasi dari Guest Lecture Chef Kevin A. Cherkas di Kampus C Tristar Samator, 18 mahasiswa Tristar Cruise Manyar Kelas E diajak menyaksikan atraksi Lamian Demo yang ditampilkan Junior Chef Andre Pranajaya, sekaligus menikmati lezatnya Chicken Broccoli Soup with Lamian Noodle yang telah disiapkan oleh pihak Panitia. Thank you Chef Kevin. God bless you …!

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar