twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 30 Juni 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Enam Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi Sajikan Satu Set Menu Chinese Food untuk Jamuan Lunch Buffet 


PADA ujian praktik masak hari pertama, Selasa (29/06/2021) pagi, enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi yang diasuh Chef Nadya Ratri Aryani mempersembahkan satu set menu Chinese Food untuk jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet). Ujian praktik masak itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Enam mahasiswa Culinary Art Class yang tampil kali pertama pada final exam hari Selasa (29/06/2021) siang adalah Regio Wantania, Luciana Wijaya, Wahyu Dewi S., Nur Tias P.A., Dhea Fernanda dan Nurhatira Azlika. Sebagai leader-nya dipercayakan kepada Regio Wantania.

 

Dalam final exam kali ini, Regio dkk tampil all out demi menyiapkan satu set menu lengkap itu terdiri dari Salad (Appetizer), Soup, Main Course dan Dessert. Durasi masak tersebut dipatok sekitar 2,0-2,5 jam, sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut untuk di-set up di atas meja display agar tampil menarik, elegan dan berkelas ala restoran terkenal di Surabaya.

 

Untuk tema Salad (Appetizer)-nya adalah Steamed Tofu with Minced Meat, sedangkan Soup-nya sdiberi nama Hulatang, Sementara itu untuk Main Course-nya sendiri terdiri dari lima menu yakni Yangzhou Fried Rice, Yuan Yang Crispy & Crunchy Kailan, Crab Rangoon, Fu Gi Fei Pian (Seechuan Sliced Beef in Chili Sauce) dan Chinese Chili Garlic Sauce. Sajian Chrysanthemum Tea sebagai Dessert-nya

 

Delapan kreasi masakan kekinian yang disajikan untuk Lunch Buffet itu langsung diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar, R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Demi Mariyanah M.Par.

 

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class, yang mengangkat masakan khas Chinese Food (Asian Cuisines) selain dikritisi juga diapresiasi oleh tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.

 

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi untuk bekal magang kerja di industri perhotelan,” kata R Paulus W. Soetrisno, seusai penjurian di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Selasa (29/06/2021).

 

Sementara itu, Chef Nadya Ratri Aryani kembali memberi pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, usai penjurian, terutama teknik pengolahan masakan, Asian Cuisines yang baru saja ditampilkan di meja uji.

 

Selain memberi masukan soal teknik plating dan garnish-nya, mahasiswa juga diingat kembali seputar teknik masak yang benar, cara mengatur api stove agar masakan tidak sampai over cooking atau kurang masak (under cooking).

 

”Mahasiswa juga diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam,” ujarnya mengingatkan.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar