twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 24 Juni 2021

Dari Cooking Demo with Chef Ari dan Chef Thomas di Kitchen Modern Graha Tristar

Soyu Ramen, Masakan Tradisional dari Negeri Sakura Jepang yang Disuka Generasi Milenial Surabaya

 

DUA pekan lalu tepatnya pada hari Sabtu (12/06/2021) pagi, dua orang Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Ari Purwantoro dan Chef Thomas Denny, menggelar Cooking Demo with Chef, demi masak Soyu Ramen yang tasty dan deliciously. Salah satu menu masakan tradisional dari Negeri Sakura Jepang itu sekarang banyak disuka oleh generasi milenial Surabaya.

 

Menu masakan yang satu ini memang lagi nge-trend di Surabaya, terutama banyak disuka oleh komunitas pelajar dan mahasiswa karena selain harganya yang relatif terjangkau isi kantong, juga rasanya pun tasty dan deliciously banget.

 

Besarnya segmen pasar kalangan anak muda (ABG) tersebut, mendorong sejumlah pelaku usaha kuliner membuka resto –khususnya di pusat-pusat perbelanjaan modern (mall)-- dengan menyediakan aneka kreasi masakan khas Japanese Food, termasuk menu Soyu Ramen. Makanan kekinian itu juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Demi hasil terbaik, maka Chef Ari pun fokus saat demo masak Soyu Ramen di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya bersama 10 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi. Sedangkan Chef Thomas tampil ciamik saat menghelat demo masak Soyu Ramen di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya bersama 12 anak didiknya dari Kelas B-2 Pagi.

 

Demi masak Soyu Ramen, sejenis soup tradisional khas dari Jepang yang rasanya tasty dan deliciously, maka bahan-bahan yang perlu disiapkan saat cooking demo adalah beef bones, kombu, ginger, garlic dan leek. Keempat bahan masakan ini diolah sehari sebelumnya. Sedangkan bahan masakan lainnya seperti ramen noodle, tenderloin, egg, katsuoboshi (bonito), inoki mushroom, carrot flower dan caisin baru disiapkan dan dimasak pada hari H-nya.


Saat gelaran cooking demo di kitchen Kelas 1-B Pagi, Chef Ari Purwantoro melibatkan beberapa anak didiknya untuk memasak ramen noodle, tenderloin, egg, katsuboshi, memotong inoki mushroom, membersihkan carrot flower dan caisin-nya.

 

Sedangkan Chef Thomas mengajak Junior Chef Andre Pranajaya saat demo masak Soyu Ramen. Demo masak itu dihadiri 12-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi yang antusias mengikuti gelaran Cooking Demo with Chef di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Proses masak Soyu Ramen, tidak lebih dari 90 menit, karena kuah bumbunya sudah di-prepare sejak H-1. Dengan demikian yang disiapkan pada hari H-nya adalah memasak  (dengan cara di-steam beberapa saat) baik noodle ramen, tenderloin, (direbus sampai empuk teksturnya) egg, inoki mushroom maupun daun sawinya.

 

Setelah semua pekerjaan di kitchen tuntas, barulah Soyu Ramen itu di-plating dan di-garnish lebih dulu agar tampil cantik, menarik dan berkelas saat disajikan di atas meja. Hasil plating-an tersebut kemudian di-display di atas meja uji untuk didokumentasikan oleh tim Multimedia Tristar Group dan selanjutnya Soyu Ramen tersebut dinikmati bersama mahasiswa yang hadir pagi itu. Hmmm rasanya tasty banget …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar